Hits: 19

Chairunnisa Asriani Lubis

Pijar, Medan. Pers Mahasiswa Pijar kembali menyelenggarakan Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD) 2023 dengan mengangkat tema “Dasar – Dasar Jurnalistik Bagi Pemula”. Setelah dua tahun berturut – berturut diadakan secara daring, PJTD kali ini dilaksanakan secara langsung di Aula FISIP USU pada 17 – 18 Januari 2023.

Dipandu oleh Yulia Kezia dan Arya Duta, hari pertama kegiatan ini menghadirkan dua orang pembicara. Rahmat Utomo, seorang reporter dari Kumparan.com sebagai pembicara pertama dan Agus Supratman selaku reporter di CNN Indonesia sebagai pembicara kedua.

Dalam pemaparan materi pertama, Rahmat Utomo menjelaskan tentang persiapan pra – peliputan. Ia mengatakan bahwa ada beberapa tahapan sebelum meliput, yakni konsep, observasi, mengecek sumber, serta wawancara.

“Pertama, konsep. Jadi sebelum turun lapangan kita harus tahu dulu mau buat apa. Kemudian observasi. Dalam jurnalisme harus ada observasi. Bukan hanya sekadar melihat, tetapi juga memantau dengan panca indra dan hati. Lalu, mengecek sumber. Sumber ini harus relevan. Jangan sumber yang tidak jelas. Terakhir baru wawancara,” jelas Rahmat.

Suasana kegiatan PJTD Persma Pijar 2023 pada Selasa (17/01/23)
(Fotografer: Tasya Azzahra)

Selanjutnya, Agus Supratman menjelaskan meteri tentang jurnalisme data. Ia memaparkan bahwa jurnalisme data adalah penciptaan berita dengan pemanfaatan big data dalam menulis.

“Jurnalisme data adalah penciptaan berita dengan pemanfaatan big data. Nah, jadi sesungguhnya kita ini adalah korban data kalau kita tidak bisa mengoptimalisasikan dan memanfaatkan data ini sesuai kebutuhan kita,” jelasnya.

Anisa Reddy, salah satu peserta PJTD Persma Pijar 2023 menyampaikan alasannya mengikuti kegiatan ini. Ia mengatakan bahwa PJTD ini menjadi wadah untuk ia belajar karena latar belakang tentang jurnalistiknya masih terbilang kurang meski ia berprofesi sebagai seorang penyiar.

“Ya background aku masih kurang. Aku masih penyiar yang bawain talkshow dan baca berita saja. Pengen gitu bisa ke lapangan buat nulis berita, karena tertarik juga dengan reporter. Jadi aku merasa ikut pelatihan ini perlu,” ucap Anisa pada Pijar.

Setelah pemaparan materi, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dengan para peserta kemudian ditutup dengan sesi foto bersama.

(Redaktur Tulisan: Marcheline Darmawan)

Leave a comment