Hits: 6

Syah Hendra Mahadi / Nur Jamiah Nasution

Pijar, Medan. Seperti yang kita tau biasanya kafe atau tempat nongkrong biasanya terletak di dekat perkotaan atau tempat yang wilayahnya besar. Nah, berbeda dengan Kafe Janka yang terletak di antara permukiman warga. Kafe ini terletak di Jalan. Jangka, Sei Putih Bar, Kecamatan Medan Petisah, Kota Medan, Sumatera Utara.

Kafe Janka ini berdiri pada tanggal 11 Maret 2022, dengan pendirinya Vanny Marchilla dan Reza. Filosofi dari nama kafe ini sendiri berlatar belakang dari pendiri yang mengkaitkan nama jalan dan letak rumahnya yaitu di Jalan Jangka, hingga membuat pemiliknya menamai kafe yang mereka bangun sebagai “Kafe Janka”.

Terletak jauh dari pusat kota tidak membuat kafe ini sepi pengunjung, malah kafe ini terlihat selalu ramai setiap harinya. Salah satu karyawan kafe memberi tanggapan terkait mengapa kafe ini terletak jauh dari perkotaan.

“Kafe ini jauh dari kota karena kebetulan Kafe Janka ini bersebelahan dengan rumah pemiliknya. Ide membuat kafe ini muncul ketika pemiliknya mempunyai tanah kosong di sebelah rumahnya. Akhirnya, si pemilik memanfaatkan tanah kosong itu untuk membangun Kafe Janka ini” ucapnya.

Setiap sudut dari Janka terlihat elegan dan aesthetic
(Fotografer: Nur Jamiah Nasution)

Kafe Janka ini memiliki tema bernuansa Jepang, di mana bagian dalam depan kafe terdapat tempat duduk lesehan persis seperti tempat-tempat makan yang ada di Jepang. Di kafe ini terdapat outdoor dan indoor. Area indoor terlihat begitu estetik, bersih dan nyaman, sedangkan area outdoor sendiri terlihat sedikit lebih sederhana karena terdapat bangku-bangku dari kayu. Setiap sudut kafe ini tertata dengan baik dan cocok untuk dijadikan sebagai area berfoto.

Fasilitas dari kafe ini sangat bagus, mulai dari perabotan yang sangat estetik, bebas akses wifi, stopkontak, AC, kipas angin, parkiran gratis, dan tempat sholat yang mempermudah kalian yang ingin beribadah. Selain itu, kafe ini juga memberi minuman refill yaitu air yang di beri potongan jeruk nipis atau lemon.

Dari segi pelayanan, kafe ini menerapkan sistem self service, di mana kita mengambil sendiri makanan atau minuman yang kita pesan dan kita diberi remote sebagai penanda bahwa pesanan yang kita pesan sudah siap dan bisa diambil ke meja kasir. Sembari kita menunggu pesanan, kafe ini menyediakan beberapa permainan seperti uno kartu, uno stacko, dan panahan yang membuat kita tidak bosan menunggu pesanan yang kita pesan.

Salah satu menu minuman yang ada di Janka
(Fotografer: Nur Jamiah Nasution)

Tidak hanya itu saja, di kafe ini kebanyakan menyediakan menu yang terinspirasi dari kuliner Jepang. Untuk menu favorit di kafe ini yaitu, Ramen Janka sebagai menu makanan berat, Chicken Wings untuk camilan dan untuk minumannya ada Mango San. Kafe ini juga menjual brownies dan cookies. Dengan harga yang masih relatif mulai dari Rp10.000 hingga Rp38.000 kamu dapat menikmati makanan dan minuman yang enak.

Kafe Janka sendiri mulai buka dari pukul 12.00 siang – 22.00 malam. Untuk pelayanannya sudah tidak diragukan lagi karena pelayannya yang sangat ramah dan mengutamakan kenyamanan pengunjung.

Nah, kamu tertarik mengunjungi Kafe Janka? Yuk, ajak teman atau keluarga tercintamu untuk mengunjungi Kafe Janka dan rasakan nuansa kafe ala Jepang.

Redaktur Tulisan: Naomi Adisty

Leave a comment