Novi Handayani

Pijar, Medan. Kebanyakan orang sering nongkrong di kafe bareng teman-temannya apalagi kalau lagi lapar, bosan, menunggu jadwal kelas, mengerjakan tugas, dan juga wifi-an. Sobat Pijar bingung kalau gak ada uang mau nongkrong dimana? Tenang, PIJAR akan kasih tahu tempat nongkrong USU yang tidak mengeluarkan biaya sepeser pun. Percuma kalau anak USU tapi tidak tahu tempat nongkrong yang nyaman dan tidak bisa memanfaatkannya. Disini akan diberi tahu ulasan empat tempat nongkrong tanpa biaya di USU versi Pijar.

  1. Taman Biro Rektor Universitas Sumatera Utara (Birek USU)
Lokasi halaman depan Biro Rektor yang sering dijadikan tempat untuk santai. ( Fotografer : Dwi Harizki)
Lokasi halaman depan Biro Rektor yang sering dijadikan tempat untuk santai.
( Fotografer : Dwi Harizki)

Tempat ini adalah tempat yang paling utama dikunjungi oleh Mahasiswa/i USU maupun masyarakat umum. Taman Birek ini bukan sekedar taman, disini juga terdapat beberapa binatang seperti rusa, merak, angsa, dan binatang unggas lainnya. Selain ada kebun binatang kecilnya ditempat ini pengunjung juga bisa memberi makan rusa secara langsung, hal inilah yang membuat masyarakat umum ramai mengunjungi taman birek. Tidak perlu bingung mau memberi makan rusa dengan apa dan mendapatkannya dimana, tidak perlu mencabut rumput dan daun-daun disekitar taman. Karena akan banyak ditemukan pedagang yang menjual makanan rusa dengan harga yang cukup murah yaitu cukup dengan Rp 5.000,- saja sudah dapat satu paket makanan rusa. Biasanya taman birek selalu ramai pada waktu weekend terutama pada saat sore hari, banyak juga pengunjung yang membuat piknik kecil-kecilan disini. Karena piknik gak harus ditempat taman yang berbayar.

Tita Yolanda salah satu Mahasiswi USU ini lumayan sering ke taman ini. ”Nongkrong bareng temen disini kalo lagi gak ada uang haha, beli jajanan di pintu 4 USU terus makan bareng teman-teman disini deh sambil cuap-cuap” ujarnya.

  1. Taman Cinta
Selain luas Taman Cinta juga memiliki suasana sejuk yang cocok untuk dijadikan tempat kumpul. ( Fotografer : Dwi Harizki)
Selain luas Taman Cinta juga memiliki suasana sejuk yang cocok untuk dijadikan tempat kumpul.
( Fotografer : Dwi Harizki)

Dengar namanya saja udah nyesek ya. Taman ini dinamakan nama cinta bukan karena banyak orang-orang pacaran disini, bukan juga karena taman ini berbentuk hati. Bagi kamu yang jomblo, bisa juga bersama teman kampus buat nongkrong disini, tapi jangan cemburu ya kalau liat orang pacaran. Taman cinta ini terletak dibagian belakang kampus USU dan bersebelahan Lapangan Bola USU. Tempat ini banyak dikunjungi karena sejuk, asri, dan lebih hijau dari taman yang lain karena pepohonan disini banyak. Taman cinta bukan sekedar tempat nongkrong. Disini juga banyak mahasiswa/i USU yang mengadakan rapat organisasi, mengerjakan tugas, latihan menari, banyak lagi kegiatan yang bisa dilakukan di sini. Tempat ini lumayan banyak nyamuk juga jadi siapkan lotion anti nyamuk.

  1. Pendopo Universitas Sumatera Utara (USU)
Lokasi yang dijadikan tempat nongkrong anak usu dan juga digunakan oleh anak-anak skate. ( Fotografer : Dwi Harizki)
Lokasi yang dijadikan tempat nongkrong anak usu dan juga digunakan oleh anak-anak skate.
( Fotografer : Dwi Harizki)

Pendopo Universitas Sumatera Utara (USU) terletak di Jalan Universitas tepatnya di pintu 1 USU. Perbedaan pendopo dengan tempat lainnya adalah tempatnya tertutup dan luas.  Seperti yang dilihat, di pendopo ini banyak UKM USU yang latihan, bukan hanya itu komunitas-komunitas pun sering berkumpul disini. Pendopo juga sering dijadikan tempat diselenggarakannya berbagai acara seperti seminar, workshop, pameran dan banyak acara lainnya. Tepat di belakang pendopo ada jalan yang menembus ke Jalan Perpustakaan. Yang paling penting di belakang pendopo ini merupakan spot foto paling cantik di USU, tak heran banyak mahasiswa/i USU yang mengambil foto disini.

  1. Taman Perpustakaan Universitas Sumatera Utara (USU)
Suasana di depan gedung Perpustakaan yang dimana sering dijadikan tempat untuk bercengkerama.  ( Fotografer : Dwi Harizki)
Suasana di depan gedung Perpustakaan yang dimana sering dijadikan tempat untuk bercengkerama.
( Fotografer : Dwi Harizki)

Taman perpustakaan terletak di sebelah Perpustakaan USU tepatnya di Jalan Berdikari. Taman perpustakaan ini lain dari taman yang lain, karena disini ada danaunya. Taman ini juga banyak dikunjungi mahasiswa/i USU yang membaca buku, mengerjakan tugas kelompok atau sekedar duduk-duduk bersama.

Jadi sobat Pijar, tempat mana yang sering kamu kunjungi?

Leave a comment