Hits: 21

Syah Hendra Mahadi/Icha Kumala Dewi

Pijar, Medan. Jika mendengarkan kata jus pasti yang terbesit di pikiran kita adalah jus buah-buahan seperti jus mangga, jus alpukat, jus jeruk, dan lain sebagainya. Namun, terdengar asing apabila jus buah pada umumnya menjadi jus kopi. Sebab, biasanya kopi disajikan dengan di seduh bukan dijadikan jus. Ternyata minuman tersebut ada di Medan bernama Jus Kuphi.

Jus Kuphi terletak di Blok C Point, Jalan Setia Budi No.6, Tanjung Sari, Kecamatan Medan Selayang, Kota Medan, Sumatera Utara. Nama Jus Kuphi sendiri diambil dari bahasa Aceh yaitu “kuphi” yang berarti kopi. Pada awalnya, Jus Kuphi merupakan nama warung kopi atau warkop seperti pada umumnya yang berdiri pada tahun 2012. Warung kopi yang menjual berbagai jenis minuman kopi seperti sanger, kopi hitam, kopi susu, dan sebagainya.

Sejarah adanya kopi di jus berasal dari pemilik Jus Kuphi sendiri yaitu Maya atau akrab dipanggil dengan sebutan Aa. Ide membuat kopi di jus sangatlah sederhana karena muncul di tengah-tengah pikiran beliau ketika mengendarai motor yang berhenti saat lampu merah. Ide yang tiba-tiba muncul tersebut segera ia tulis melalui pesan BBM untuk dikirim ke pegawai Jus Kuphi.

Aa pemilik Jus Kuphi juga sama dengan pelanggan pada umumnya ketika pertama kali mencicipi kopi di jus. Rasanya unik, aneh, dan enak antara perpaduan kopi dan susu. Maka, dari sinilah Warkop Jus Kuphi bukan hanya sekedar nama saja tetapi memang tersedia jus kopi di dalamnya.
Penyajian Jus Kuphi sendiri dibuat dengan cara memasukkan bahan-bahan ke dalam blender seperti susu kental manis, air putih, es batu, dan kopi utuh. Semua bahan tersebut di blender secara bersamaan dan dihidangkan di gelas kaca. Jus Kuphi sendiri memiliki 2 varian yaitu varian original dan cokelat.

Dari segi penampilan, Jus Kuphi ini seperti milkshake. Sensasi saat kita minum biji kopi yang di blender terasa seperti butiran dari biskuit cokelat, tetapi yang membedakannya hanya dari segi tekstur. Butiran-butiran biji kopi bisa dimakan bahkan tidak terasa pahit, justru akan menambahkan sensasi keharuman kopi yang sedang kita nikmati.

Kopi yang digunakan dalam membuat jus ini adalah kopi jenis robusta dan bubuk coklat yang diambil langsung dari Kota Aceh. Meskipun terbuat dari kopi, minuman ini tak terasa pahit lebih dominan rasa manis. Jadi, bagi kita yang kurang menyukai kopi dapat menikmati kopi melalui alternatif Jus Kuphi yang menjadi cara baru menikmati kopi. Bagi pencinta minuman manis pasti akan suka sekali dengan Jus Kuphi terutama varian cokelat.

Harga Jus Kuphi dibandrol mulai dari Rp.18.000 untuk original dan Rp.20.000 untuk varian cokelat. Jus Kuphi juga terdapat fasilitas bebas akses wifi, sehingga dapat mengerjakan tugas dan nongkrong dalam waktu yang bersamaan.

Jus Kuphi termasuk warung kopi lengedaris yang juga pernah menjadi tempat tongkrongan pejabat pemerintahan bahkan artis. Semisalnya saja seperti Babe Cabita, Lolox, hingga penyanyi Vierzha dan para petinggi pemerintahan di Kota Medan juga sering berkunjung di Jus Kuphi ini.

Jadi bagi kalian yang tidak suka kopi, Jus Kuphi menjadi alternatif baru menikmati kopi dan penggemar kopi harus cobain perpaduan kopi unik yang satu ini. Selamat mencoba!

(Redaktur Tulisan: Naomi Adisty)

Leave a comment