Kezia Emmanuela / Nadya Divariz Bhayitta Syam

Pijar, Medan. Teori konspirasi bukanlah suatu fenomena yang baru lagi pada saat ini. Sejak dahulu kala memang teori konspirasi telah banyak dikemukakan dan silih berganti mengisi ruang-ruang perdebatan mengenai berbagai macam isu yang populer diperbincangkan oleh masyarakat banyak.

Dilansir dari situs halodoc.com, definisi dari teori konspirasi merupakan sebuah keyakinan di mana terdapat beberapa kelompok yang bertemu secara rahasia untuk membuat rencana tertentu dan melaksanakannya untuk tujuan yang jahat. Mereka mempunyai kelompok tertentu yang akan mengendalikan hajat hidup orang banyak.

“Orang-orang yang mengalami trauma secara kolektif cenderung akan lebih mudah percaya dengan teori-teori konspirasi,” ucap Dr. Myrto Pantazi dari Universitas Oxford, Inggris.

Seperti salah satu teori konspirasi yang paling banyak digemari dan diikuti oleh masyarakat banyak ialah mengenai teori illuminati dan freemasonry. Illuminati sendiri pada dasarnya ialah induk dari semua teori konspirasi. Bahkan di Indonesia sendiri khususnya di Jakarta, kita akan banyak menemui simbol-simbol illuminati ini yang mungkin banyak belum disadari oleh masyarakat luas.

Buku karya penulis berbakat, Rizky Ridyasmara ini, memang patut untuk dibaca bagi para penggila novel misteri dan juga sejarah. Alur ceritanya yang maju mundur dan sangat menegangkan membuat kita terhanyut dalam jalan ceritanya.

Dalam buku berjudul The Jacatra Secret karya Rizky Ridyasmara, kita akan banyak menemui simbol-simbol satanic yang berhubungan dengan freemason yang ada di seluruh penjuru kota Jakarta. Gaya penulisan yang terdapat dalam buku ini akan membuat kita merasakan seperti ada di zaman dahulu dengan latar belakang sejarah kota Jakarta.

Dan juga dibalut dengan kisah misteri kematian seorang neolib, buku ini benar–benar akan mengungkap habis segala sesuatu yang selama ini terluput dari penglihatan kita.

Rizky Ridyasmara menceritakan dengan gamblang dalam bukunya mengenai berbagai macam permasalahan-permasalahan politik yang ada di Indonesia dan juga banyak mengungkapkan berbagai fakta-fakta sejarah yang tidak pernah kita jumpai sebelumnya dalam buku-buku sejarah pada saat duduk di bangku sekolah.

Menurut Rizky Ridyasmara juga ia mempercayai bahwa begitu banyak terdapat misteri dalam bangunan-bangunan tua yang ada di Indonesia. Seperti contohnya ialah bangunan Adhucstat (Gedung Bappenas), Stadhuis (Museum Sejarah Jakarta), Museum Taman Prasasti, Monumen Nasional (Monas). Oleh karena itu banyak sejarah dari gedung-gedung ini yang dikupasnya dalam buku The Jacatra Secret.

Melalui novel The Jacatra Secret ini Rizky Ridyasmara mampu menyuguhkan kejutan-kejutan dari berbagai macam fakta yang akan mengubah paradigma kita selama ini mengenai sejarah bangsa, terutama sejarah terbentuknya ibu kota Jakarta.

Ditambah dengan sejumlah foto-foto autentik yang semakin mempertegas adanya bukti simbol-simbol satanic yang banyak tersebar luas di balik besar dan megahnya kota Jakarta. Percaya atau tidak, setuju atau tidak, Rizky Ridyasmara sukses membuat kita harus mengakui bahwa apa yang dituliskannya melalui bukunya tersebut memang benar adanya dan tidak terbantahkan.

(Editor : Lolita Wardah)

Leave a comment