Hits: 49

 

Dheandra Hanani Nalsalitha br Meliala

Pijar, Medan. Kue atau cake adalah salah satu jenis makanan yang sangat populer di dunia. Banyak sekali jenis-jenis kue yang bisa dinikmati, misalnya saja kue black forest, kue bolu, kue tart dan lainnya.

Biasanya kue-kue tersebut dihias sedemikian rupa agar menarik dipandang mata dan membuat pelanggan tertarik untuk membelinya. Namun, bagaimana jika kue tersebut dihias secara berantakan dan terkesan aneh? Apakah kamu akan tertarik untuk mengonsumsinya?

Ugly Cake atau Kue Jelek merupakan tren yang kini sangat menjamur di kalangan masyarakat. Kue jelek adalah salah satu jenis kue tart atau kue ulang tahun yang dihias berantakan dan tidak menarik sama sekali.

Tren kue jelek ini awalnya viral di TikTok dengan nama ugly cake prank. Awalnya hanya sebatas mengirimkan pesan teks yang berisi foto-foto kue jelek kepada keluarga, teman dekat dan lainnya. Lalu orang yang dikirimkan pesan wajib memilih salah satu kue yang menurutnya paling layak untuk dijadikan kue ulang tahun. Balasan tersebut juga harus dalam bentuk voice note. Bahkan banyak sekali influencer dan public figure Indonesia yang ikut melakukan tren ugly cake prank.

Ternyata tren ini menyita perhatian publik sehingga banyak toko kue yang mencoba menjual kue jelek tersebut. Berawal dari kepopuleran kue jelek ini, banyak masyarakat justru berlomba-lomba untuk membeli dan menjadikan kue jelek ini sebagai kue diperayaan penting, seperti perayaan ulang tahun.

Sama seperti kue ulang tahun pada umumnya, kue jelek ini juga bisa dipesan sesuai dengan keinginan pembelinya. Biasanya, kue jelek ini dibuat dengan karakter animasi, seperti elsa frozen, spongebob, barbie dan masih banyak lagi.

Jika dilihat dari tampilannya, kue ini terlihat seperti kue yang dibuat asal-asalan, baik dari bentuk, hiasan, dan warnanya. Misalnya saja kue jelek dengan karakter spongebob, bentuknya tidak seperti kotak, lebih memanjang dan warnanya belepotan atau kue karakter elsa yang dibuat sangat menyeramkan. Desain karakternya tidak menunjukkan karakter yang sesungguhnya.

Namun, banyak yang mengatakan pembuatan kue jelek ini justru lebih sulit daripada kue ulang tahun biasanya, karena harus dihias sejelek mungkin.

Kepopuleran kue jelek ini justru menggeser hukum dalam masyarakat mengenai penyajian makanan yang harus selalu indah. Penyajian kue jelek ini dinilai sangat unik dan menarik. Berawal dari tren TikTok hingga membuat peluang bisnis yang besar bagi masyarakat.

Meskipun namanya kue jelek dan penampilannya buruk, cita rasa dari kue jelek ini tidak seburuk penampilannya, ya. Untuk cita rasanya sendiri masih sama seperti kue pada umumnya. Kue jelek tetap diproduksi dengan tepung terigu, mentega, telur dan bahan pendukung lainnya dengan topping atau hiasan yang terbuat dari krim kocok.

Jadi, kamu tidak perlu takut untuk mengonsumsinya. Apakah kamu tertarik untuk membeli kue jelek?

(Redaktur Tulisan: Naomi Adisty)

Leave a comment