Hits: 80

Agnesia / Rosha Asthari

Pijar, Medan. Arus Jalan Sei Belutu, Kota Medan, sering sekali terpantau ramai lancar oleh warga yang ingin berkunjung ke praktik dr. Kolman Saragih, Mie Ayam Restu, ataupun Bakso Widura. Terlebih lagi saat jam sibuk suara klakson kendaraan yang bergaduh mengaduh. Tapi, siapa sangka dibalik itu semua terselip sebuah kafe bernuansa keluarga yang menawarkan hangat rumah kepada pengunjungnya? Itoko Cafe namanya.

Berlokasi di Jalan Sei Belutu no. 56, Itoko Cafe mengusung desain layaknya rumah klasik Indonesia dengan beberapa sentuhan arsitektur gaya Jepang yang menjadi inspirasi namanya. Konsep yang dihadirkan oleh kafe ini diharapkan dapat menjadi tempat pulang bagi semua orang.

Arti dari Itoko sendiri bermakna ‘saudara bersepupu’ dalam bahasa Jepang. Sesuai dengan penamaan dan arti dari Itoko, kafe ini dibangun oleh berenam orang sepupu yang bernama Egi, Ariq, Fara, Rifan, Rafly dan Cican. Mereka sepakat membangun kafe ini di atas lahan yang dulunya merupakan rumah keluarga mereka. Sebab, kafe ini memiliki potensi dari lokasi pinggir jalan yang strategis.

Itoko Cafe-mediapijar.com
Ilustrasi bangunan Itoko Cafe karya Egi (Gijulse)
(Fotografer: Rosha Asthari)

Egi yang memiliki bakat dalam desain artistik, fotografer, dan pelukis, ikut membantu pengerjaan desain Itoko Cafe bersama seorang kenalan arsitektur yang merupakan alumni Universitas Sumatera Utara. Setelah merampungkan proses renovasi, mereka resmi mendirikan Itoko Café pada Agustus 2022 silam.

Memasuki area outdoor dari kafe ini, pengunjung akan disuguhkan dengan banyaknya pojok-pojok yang dapat dijadikan tempat foto yang instagramable. Adanya tumbuhan hijau di area ini juga menjadikan suasana menjadi lebih asri dan sejuk. Tak perlu khawatir dengan sengatan matahari karena telah tersedia beberapa kipas angin di area outdoor.

Tak kalah cantik, area indoor Itoko Cafe juga memberikan kenyamanan bagi para pengunjung yang dihiasi dengan berbagai cermin aesthetic dan lukisan-lukisan karya Egi  dengan nama pena Gijulse yang menambah kesan artistik di kafe ini. Selain itu, fasilitas full AC, free akses wifi, mushola yang wangi serta toilet yang bersih, menjadikan semua pengunjung senang menghabiskan waktu disini.

Itoko Cafe-mediapijar.com
Suasana nyaman yang ditawarkan oleh Itoko Cafe.
(Fotografer: Rosha Asthari)

Dengan target pasar semua khalayak, menu yang ditawarkan di Itoko Cafe sangat bervariasi. Mulai dari masakan western sampai Indonesia. Dalam waktu dekat, kafe ini pun akan meluncurkan menu baru ala japanese style, seperti ramen.

Harga yang ditawarkan dapat dikatakan terjangkau bagi semua kalangan. Dimulai dari harga Rp18.000 kamu sudah dapat menikmati Kopi Susu Gula Aren, Strawberry Tea, dan minuman-minuman lainnya. Makanan dan kudapan seperti Nasi Ayam Karage Sambal Matah, Nasi Goreng Jeruk, dan Snack Platter dapat dinikmati mulai dari Rp20.000 hingga Rp40.000 saja.

Menariknya lagi, di Itoko Cafe kita dapat memesan menu Mie Ayam Restu yang berlokasi tepat di sebelahnya. Sudah lama kenal dengan keluarga, Itoko Cafe dan Mie Ayam Restu sepakat bekerja sama agar pengunjung dapat menyantap mie dari Mie Ayam Restu dan menikmati minuman segar dari Itoko Cafe.

Salah satu pengunjung Itoko Cafe yang berstatus mahasiswa mengakui bahwa Itoko Cafe merupakan tempat yang cocok untuk duduk bersantai. Ia juga merekomendasikan Itoko Cafe untuk pengunjung yang ingin mengerjakan tugas

“Biasanya nongkrong sekalian mengerjakan tugas karena tempatnya enak untuk mengerjakan tugas dan lokasi juga strategis. Rasaku untuk makanan dan minuman disini worth it karena harga sesuai dengan porsinya dan menu makanan yang murah. Misalnya, mi jamur dari sebelah Itoko ini. Jadi kayak walaupun kita duduk sini, kita bisa pesan di Mie Ayam Restu gitu,” ujar Nafissa.

Jadi tunggu apa lagi? Yuk, segera ajak teman dan keluarga untuk menikmati kenyamanan kafe yang bernuansa kekeluargaan ditambah dengan makanan dan minuman yang tak kalah nikmat.

(Redaktur Tulisan: Naomi Adisty)

Leave a comment