Hits: 15

Samuel Sinurat

Pijar, Medan. Film horor telah menjadi salah satu genre industri perfilman yang banyak diminati oleh masyarakat, terkhusus masyarakat Indonesia. Industri film horor di Indonesia banyak mengambil fenomena kebudayaan masyarakat setempat. Salah satu film horor yang mengambil fenomena kebudayaan masyarakat lokal adalah film KKN di Desa Penari.

Film ini merupakan adaptasi dari cerita yang sempat viral di Twitter pada tahun 2019 lalu. Dikatakan bahwa cerita tersebut merupakan kisah nyata yang dialami enam mahasiswa yang sedang melakukan KKN di sebuah desa terpencil.

Keenamnya adalah Nur, Widya, Ayu, Bima, Anton, dan Wahyu. Sesampainya mereka di desa yang dituju, sambutan baik diberikan oleh kepala desa bernama Pak Prabu. Mereka pun diajak berkeliling untuk melihat situasi desa. Pak Prabu juga mengingatkan mereka untuk menjaga perilaku dan tidak melanggar aturan yang ada di desa.

Salah satunya adalah dilarang melewati gapura yang disebut dengan Tapak Tilas. Konon, gapura tersebut merupakan penghubung antara desa dan hutan di wilayah itu.

Hari pertama KKN berjalan dengan lancar, tetapi di hari berikutnya, kejanggalan mulai bermunculan. Pertama, Nur dan Widya yang melihat para penari cantik dan mendengar suara gamelan. Kedua, Wahyu menyaksikan Widya menari dengan kondisi tak sadar, hingga Bima yang dikenal sangat religius tiba tiba berubah.

Hingga suatu ketika, Nur menemukan fakta bahwa salah satu dari mereka telah melanggar aturan yang paling fatal di desa tersebut. Hal ini yang membuat arwah penghuni di desa tersebut menjadi marah dan meneror mereka. Teror yang dilakukan arwah penari tersebut semakin mengerikan.

Film yang diproduksi oleh MD Pictures ini telah mengalami dua kali pengunduran jadwal penayangan di bioskop. Sebelumnya film KKN di Desa Penari direncanakan tayang pada pertengahan tahun 2020 di bioskop. Namun, tim produksi memutuskan untuk membatalkan penayangan ini dikarenakan tingginya kasus Covid-19 di Indonesia pada waktu itu.

Tim produksi memutuskan mengubah jadwal penayangan film ini menjadi tanggal 22 Febuari 2022 di bioskop. Namun, penayangan kembali dibatalkan dengan alasan yang sama seperti sebelumnya.

Akibat pembatalan penayangan film KKN di Desa Penari sebanyak dua kali oleh tim produksi, banyak masyarakat penggemar film horror yang kesal dan mendesak agar pihak MD Pictures menayangkan film ini di Aplikasi Streaming Online. Setelah mengalami dua kali pembatalan penayangan, akhirnya film KKN di Desa Penari resmi ditayangkan pada tanggal 30 april 2022 di seluruh bioskop Indonesia.

Bagi para pengemar film horor, KKN di Desa Penari tentunya menjadi salah satu film yang wajib untuk ditonton. Film yang satu ini mampu membuat penonton merasakan sensasi horor yang ada di film tersebut. Terlebih lagi hal-hal bernuasa mistis di film ini masih berkaitan erat dengan daerah terpencil di Indonesia.

(Redaktur Tulisan: Tasya Azzahra)

Leave a comment