Hits: 36

Shilva Devira

Pijar, Medan. Musik memberikan harapan, karisma dan empati. Musik mengambil peran yang sangat besar dalam mengekspresikan emosi kita. Kadang kala, seseorang merasa di titik terendah dalam hidupnya, di mana semuanya terasa tidak berpihak dan ingin menyerah. Di saat itulah, “Start Over” bisa menjadi lagu yang membuat nyaman.

Saat mendengarkan lagu “Start Over”, akan begitu banyak rasa percaya diri yang muncul. Rasanya seperti bisa melakukan apa saja di dunia ini. Memakai sepatu dan berlari sepenuh hati dengan rasa percaya diri seakan tak ada yang bisa menghentikan langkah kita.

“Start Over” adalah salah satu original soundtrack dari K-drama populer, Itaewon Class, yang dibintangi oleh aktor terkenal Korea Selatan yaitu Park Seo-joon. Lagu ini dibawakan oleh Kang Dae-ho dan juga dikenal sebagai Gaho yang dirilis pada Maret 2020.

Lagu ini menjadi titik balik dari karir Gaho. Kepopuleran drama ini membawa dampak yang signifikan pada ketenarannya. Nama Gaho mulai dikenal luas setelah “Start Over” sering diputar dalam drama tersebut. Terlihat dari beberapa penghargaan dan nominasi yang dimenangkan lagu ini, seperti original soundtrack terbaik di 12th Melon Music Awards dan best original soundtrack pada acara Mnet Asian Music Awards 2020.

 Lagu “Start Over” memiliki irama dan lirik yang bisa membuat kita menjadi kembali semangat dan pantang menyerah dalam mewujudkan impian. Seperti kisah drama Itaewon Class, lagu ini mengajak semua orang untuk tidak takut bermimpi dan berjuang untuk mewujudkannya.

Geu-eo no-eun seoneul neomeo

(Melewati garis yang dibentangkan)

Jeomada salmeul hyanghae, Ttaeron wonmangdo hagetji

(Masing-masing tertuju pada sebuah kehidupan, Terkadang kita akan membencinya)

Geu seoneul meonjeo neomji mallago

(Jangan kau melewati garis itu terlebih dahulu)

I can fly the sky

(Aku bisa terbang ke langit)

Never gonna stay

(Tidak akan pernah tinggal)

Naega jichyeo sseureojil ttaekkajin

(Sampai aku merasa lelah dan terpuruk)

Eotteon iyudo

(Alasan apapun itu)

Eotteon byeonmyeongdo

(Dalih apapun itu)

Jigeum naegen yonggiga piryohae

(Sekarang aku butuh sedikit keberanian)

Lirik ini mengungkapkan bagaimana seorang mengejar mimpinya bahkan setelah rintangan mengerikan di awal kehidupannya dan bagaimana semangatnya untuk terus maju tidak pernah padam. Lirik ini memberikan secercah harapan bahwa siapa pun dan semua orang dapat bangkit dari belenggu beban dan kesengsaraan jika ada kemauan untuk melakukannya.

Binnaji anado nae kkumeul eungwonhae

(Meskipun tidak bersinar, aku akan perjuangkan mimpiku)

Penggalan lirik ini terus memberikan pesan bahwa meskipun seseorang gagal mencapai impiannya saat ini, karena pada akhirnya impian tersebut akan terpenuhi. Semangat pantang menyerah dan tidak pernah putus asa ini disampaikan kepada pendengar dengan cara yang sangat karismatik dengan menekankan pesan untuk memulai lagi dan lagi sampai berhasil.

Rahasia kesuksesan lagu ini terletak di dalam suara Gaho dan aransemen musiknya yang sangat apik. Lagu ini akan merangkul perasaan kecewa kita dan mendorong kita untuk terus melangkah lebih jauh lagi dan terus berjuang. Lagu ini memiliki kekuatan yang mengikat bagi pendengarnya.

(Redaktur Tulisan: Laura Nadapdap)

Leave a comment