Hits: 105

Claresa Windy Thiara Br Tarigan / Aisha Tania Sinantan Sikoko

Pijar, Medan. Adele Laurie Blue Adkins, atau yang lebih kita kenal dengan sebutan Adele adalah seorang penulis lagu sekaligus penyayi yang lekat dengan lagu-lagu galaunya yang mampu menyayat hati para pendengarnya. Karya-karya Adele selalu punya tempat tersendiri di hati para penikmat musik di seluruh dunia. Begitu juga dengan lagunya yang belum lama ini rilis, “My Little Love”.

Jika biasanya lagu Adele membahas tentang sakitnya patah hati karena masalah percintaan, kali ini sedikit berbeda. Walau tetap dikemas dengan unsur mellow, lagu Adele yang satu ini lebih menjadi jembatan penyalur perasaan terhadap kondisi yang sedang ia hadapi sekarang.

Dalam lagu “My Little Love” sendiri, kita bisa melilhat sisi berbeda dari seorang Adele. Bukan penyanyi atau seorang penulis lagu yang mendunia, melainkan seorang ibu yang sedang berada di posisi rentan yang tetap ingin menunjukkan rasa cintanya pada putranya, Angelo Adkins. Melalui lagu ini, Adele ingin menyampaikan kepada Angelo tentang kondisi yang ada sangatlah rumit.

“My Little Love” adalah lagu ketiga dari album 30 yang dirilis Adele pada 19 November 2021. Dalam wawancara bersama British Vogue, Adele menjelaskan bahwa album 30 didedikasikan untuk Angelo. Album ini merupakan cara untuk menjelaskan soal perceraiannya kepada sang anak saat ia besar nanti.

“Saya tidak bisa bersembunyi darinya. Dia bisa melihatku lebih jelas jika saya mencoba bersembunyi darinya,” kata Adele.

I don’t recognise myself in the coldness of the daylight

(Aku tak mengenali diriku sendiri dalam dinginnya siang)

So I ain’t surprised you can read through all of my lies

(Jadi aku tak terkejut kau bisa membaca semua kebohonganku)

I feel so bad to be here when I’m so guilty

(Aku merasa sangat buruk ada di sini saat aku sangat bersalah)

Uniknya lagi, pada lagu “My Little Love” ini, Adele memasukkan rekaman suara yang merupakan percakapan Adele dengan putranya yang berumur 9 tahun. Oktober lalu, dalam wawancaranya bersama majalah Vogue, Adele sempat menyinggung soal keputusannya menggunakan voice note di album 30. Ia mengungkapkan bahwa merekam voice note merupakan sesuatu yang dianjurkan oleh terapisnya.

Percakapan dalam voice note terjadi dengan sangat intens dan menunjukkan sisi bingungnya Angelo, sekaligus bagaimana terlukanya Adele akan kondisi yang ada. Dalam rekaman itu, Adele menjelaskan perpisahannya dengan Simon Konecki kepada Angelo.

“Dia mungkin akan melalui tahap-tahap membencinya ketika dia remaja,” kata Adele dalam wawancara yang dirilis People.

I’m holdin’ on (Barely)

(Aku bertahan (hampir tidak))

Mama’s got a lot to learn (It’s heavy)

(Mama harus banyak belajar (Ini berat))

Dari lagu ini, pendengar turut merasakan tentang pesan-pesan yang hendak disampaikan Adele pada Angelo begitu mendalam dan menyakitkan. Lirik lagu ini juga membawa pendengar turut merasakan perasaan bersalah dari seorang ibu mengenai kegagalannya dalam kehidupan rumah tangga.

Namun, di sisi lain kita juga dapat melihat pesan bagaimana Adele sangat mencintai Angelo melebihi siapa pun di dunia ini. Ia nyaris bertahan deminya dan masih akan terus belajar menjadi lebih baik untuk anak semata wayangnya itu.

(Redaktur Tulisan: Rassya Priyandira)

Leave a comment