Arya Duta / Yulia Kezia Maharani

Pijar, Medan. Bersantap di dalam ruangan ber-AC dengan pemandangan desain interior unik mungkin sudah biasa. Lalu, bagaimana jika nongkrong dengan suguhan panorama alam? Jinjit Kafe & Bistro bisa jadi pilihan, nih!

Jinjit Kopi & Bistro terletak di Jalan Sunggal No. 274, tidak jauh dari PDAM Tirtanadi Sunggal. Berada tidak jauh dari tengah kota, kafe ini kerap dipadati pengunjung. Asal usul diberi nama Jinjit karena kafe ini dibangun di pinggir sungai yang membuat ia seakan jinjit di atas tanah.

Seperti tempat nongkrong pada umumnya, kafe ini menyediakan tipe ruangan indoor dan juga outdoor. Untuk ruangan indoor terkesan mewah dan hangat karena banyak menggunakan ornamen kayu. Penataan furnitur yang rapi serta interiornya yang juga instagramable akan membuat pengunjung merasa nyaman di dalam ruangan indoor tersebut.

Namun, yang menjadi daya tarik kafe Jinjit sendiri ialah bagian outdoor-nya. Bagaimana tidak? Lokasinya yang asri dan berada di pinggir sungai mampu membuat suasana nongkrong di luar menjadi semakin menyenangkan dan menenangkan. Bernuansa menyatu dengan alam, kita disuguhi berbagai panorama yang pastinya akan sangat memanjakan mata, seperti pepohonan yang hijau, sungai yang jernih, juga suara alirannya yang menenangkan.

Rasanya bila duduk pada bagian outdoor ini, kepenatan dan kejenuhan kita dari pekerjaan maupun tugas-tugas yang ada hilang seketika. Belum lagi bila kita beruntung dapat menikmati bonus pemandangan sunset jika datang ke tempat ini pada sore hari.

Kendati demikian, datang di malam hari tak mengurangi keindahan dari tempat tersebut, karena tersedianya lampu temaram yang berjejer menggantung bak lampion pada bagian atas bangku. Cahaya lampu-lampu inilah yang semakin memperindah suasana Jinjit Kopi tersebut.

Berbagai spot foto instagramable juga tersedia. Salah satunya di antara ruangan indoor dan outdoor terdapat sebuah taman yang tidak terlalu luas. Beralaskan rumput sintesis dan beberapa tanaman pohon kelapa membuat kehadiran taman ini memiliki magnet tersendiri bagi kafe Jinjit karena menjadi tempat favorit para pengunjung untuk berfoto ria.

Taman Pemisah Ruangan antara Indoor dan Outdoor (Fotografer: Arya Duta)

Berbicara soal menu, Jinjit tak kalah menarik dengan suasananya. Beragam menu ditawarkan, mulai dari makanan ringan hingga berat, seperti beef burger, roti bakar, pancake waffle, chicken skin, nasi goreng, dan ayam penyet. Untuk minumannya, kafe Jinjit lebih banyak menyediakan varian kopi dibanding nonkopi, seperti espreso, long black, coffee latte, dan sebagainya. Sedangkan nonkopi ada teh, smoothies, serta minuman segar lainnya. Harga dari menu-menunya juga cukup terjangkau, yakni berkisar Rp16.000 – Rp 45.000 saja.

Waktu yang direkomendasikan untuk mengunjungi kafe ini adalah sore sampai malam hari. Suasana sore yang cozy membuat kita menikmati pemandangan sungai dan angin sepoi-sepoi. Sedangkan pada malam hari, suasana di kafe Jinjit akan menjadi sangat  romantis untuk dinner bersama pasangan atau tempat berkumpul bersama teman maupun keluarga karena adanya lampu-lampu yang dipasang di atas tempat duduk.

Untuk kamu yang tertarik ingin datang ke Jinjit Kafe & Bistro, kafe ini buka mulai pukul 10.00 – 22.00 WIB setiap harinya. Jinjit memang tempat yang sangat cocok buat kamu yang ingin sekadar nongkrong atau melepas penat setelah seharian beraktivitas. Tak perlu khawatir tidak kebagian tempat, karena kafe ini sangat luas.

(Redaktur Tulisan: Laura Nadapdap)

Leave a comment