Shofiyana Fadhiilah

Pijar, Medan. Scholars Jatim Talk mengadakan webinar yang ke-57 dengan tajuk “Manage Your Time, Be Productive” untuk membagikan tips dan trik seputar bagaimana cara mengatur waktu untuk menjadi produktif. Kegiatan ini berlangsung pada Sabtu (11/9/2021) pukul 19.00 WIB melalui Zoom Meeting dengan menghadirkan Hilya Maylaffayza  sebagai pemateri.

Di era revolusi industri 4.0 saat ini, penting bagi kita selaku mahasiswa untuk dapat menjadi pribadi yang produktif. Apalagi di masa pandemi seperti sekarang inilah yang membuat kita harus mengetahui bagaimana ilmu produktivitas itu, agar nantinya waktu yang dimiliki tidak terbuang sia-sia dan kita bisa mendapatkan benefit dari hal tersebut.

Dalam mengawali pembicaraannya, Hilya Maylaffayza memaparkan bahwa sebelum menjadi produktif, hendaklah terlebih dahulu mengetahui bagaimana produktif itu dalam versi kita sendiri. Adapun menurutnya, produktif adalah ketika kita mampu mengerjakan kegiatan satu per satu tetapi hasil yang didapatkan cukup maksimal.

Hilya mengungkapkan, apabila ingin berkegiatan dengan lingkup yang produktif maka hendaklah mengetahui bagaimana diri kita terlebih dahulu. Mulai dari kelebihan hingga kekurangan yang ada. Tujuannya, apabila sudah mengetahui seluk-beluk diri sendiri kita akan lebih bisa memetakan diri ketika akan berkegiatan ke depannya.

Penyampaian materi oleh Hilya Maylaffayza sebagai narasumber pada acara webinar (11/9/21). (Sumber Foto : Dokumentasi Pribadi)

“Teman-teman harus kenal nih sama diri sendiri, kira-kira aku orangnya ini bagaimana ya? Aku passion di bidang apa ya? Aku minat di bidang apa sih? Terus bagaimana kekurangan dan kelebihanku? Nah, dengan itulah kita bisa lebih mengatur diri kita ketika hendak berkegiatan ke depannya,” ujar Hilya dengan jelas.

Ia mengatakan, ketika hendak menjadi produktif, menentukan daily planner juga tidak kalah pentingnya. Karena seperti pendapat Hilya sebelumnya, apabila hendak produktif usahakan pekerjaan yang dilakukan dapat dikerjakan dengan maksimal.

Sebagai penutup dari materi yang ia sampaikan, Hilya mengungkapkan apabila ingin mencapai kesuksesan tidak hanya cukup berusaha saja, akan tetapi diperlukan juga untuk beribadah dengan baik. “Tidak hanya perlu jalur bumi saja, jalur langit juga perlu. Karena, dengan jalur langit itulah yang membuat kita lebih cepat sampai kepada tujuan kita,” tuturnya sebagai penutup.

Webinar yang dilaksanakan kali ini cukup menarik perhatian peserta. Hal ini terlihat dari antusiasme peserta yang sangat banyak mengajukan pertanyaan baik secara langsung maupun melalui kolom chat pada sesi tanya jawab.

(Redaktur Tulisan: Tasya Azzahra)

Leave a comment