Timotius Dwiki Meglona Hutabarat

Pijar, Medan. Tahukah Sobat Pijar tentang Kota Sibolga? Sibolga merupakan kota terkecil di Indonesia yang menjadi salah satu destinasi favorit wisatawan jika berada di Sumatra Utara. Kota ini memiliki banyak spot wisata yang amat eksotis dan tersohor untuk didatangi. Selain itu, kota yang memiliki julukan ‘Negeri Berbilang Kaum’ karena terdiri dari beragam macam etnis ini juga memiliki beragam jenis khas makanan tradisional yang menarik untuk dicoba, salah satunya keripik pedas sibolga.

Kuliner ini sangat menarik perhatian wisatawan. Makanan ringan berjenis keripik ini juga identik menjadi buah tangan jika baru berkunjung ke Sibolga. Keripik pedas sibolga kedengaran sama dengan keripik pedas lainnya. Namun, ia memiliki ciri khas rasa istimewa. Rasa itu muncul dari sambal yang diolah dengan resep yang unik.

Selain itu, yang membedakan keripik pada umumnya dengan keripik pedas sibolga adalah kandungan khas yaitu udang baring atau udang kecepe yang dicampur dengan singkong sebagai bahan utamanya. Rasa udang kecepe yang kemudian ditambah rempah-rempah khusus menjadikan keripik pedas sibolga ini gurih dan enak ketika dinikmati.

Dikutip dari medanreview.com, keripik pedas sibolga ini sudah sangat melegenda di Kota Sibolga sehingga namanya diabadikan menjadi nama jalan di kota tersebut. Meskipun kuliner khas Kota Sibolga, keripik ini dapat dengan mudah ditemui di beberapa tempat yang menjual camilan tradisional ataupun oleh-oleh di Kota Medan, sehingga Sobat Pijar tak perlu khawatir jika tidak sempat atau belum ada waktu mengunjungi Kota Sibolga.

Keripik ini dapat dimakan begitu saja sebagai cemilan sembari berbagi cerita dengan teman, keluarga, atau bahkan pacar di segala kondisi. Selain dari itu, Sobat Pijar juga dapat menikmati keripik pedas sibolga ini ditemani nasi menjadi lauk tambahan ketika makan. Keripik pedas sibolga kini dijual dalam bentuk kemasan kecil sampai kiloan dipasaran.

Dengan harga yang cukup terjangkau, membuat keripik ini tetap eksis walaupun banyak keripik pedas modern yang hadir di pasaran. Anak-anak hingga dewasa, tidak ada batasan usia untuk dapat mencoba merasakan makanan tradisional ini. Sobat Pijar tunggu apa lagi? Buruan cobain sekarang!

(Redaktur Tulisan: Muhammad Farhan)

Leave a comment