Septrian Arnike Maharani br Tarigan

Pijar, Medan. Tahun terus berganti, sudah hampir dua tahun para mahasiswa/i di Universitas Sumatera Utara (USU) melaksanakan perkuliahan dengan sistem daring. Beberapa semester telah dilalui dan tiba saatnya kampus menerima lagi mahasiswa/i baru (maba) dari seluruh penjuru Indonesia. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), salah satu fakultas di USU juga turut menyambut kehadiran mahasiswa/i baru dengan melaksanakan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) pada Jumat (13/08).

PKKMB ini disiarkan langsung melalui platform Zoom Meeting dari Gedung B, Kantor Dekan lantai 2 FISIP USU. Acara yang dimulai pukul 08.15 dilaksanakan guna memberikan pemahaman yang lebih kepada para maba tentang dunia kampus yang akan dijalani.  Banyak materi yang diberikan seperti pengenalan nilai budaya, etika, tata krama, norma kehidupan kampus, dan pengenalan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM).

Panitia menyambut para maba dengan antusias sembari memberikan rangkaian acara yang menarik selama pelaksanaannya. Yoelando, selaku Ketua Panitia PKKMB FISIP USU 2021 mengatakan bahwa pengenalan kampus pada tahun ini berbeda dengan yang sebelumnya. “Gebrakan baru dilakukan panitia pada tahun ini sehingga lebih simple, karena materi tidak ditayangkan secara live tetapi dibuat video sebelumnya. Sehingga hanya share screen dan videonya cukup menarik dibuat,” ujarnya.

Salah satu hal yang menarik pada pelaksanaan acara ini adalah adanya pembacaan beberapa surat cinta yang dibuat oleh para maba. Surat cinta tersebut ditujukan kepada panitia pelaksana yang berada di lokasi dan dibacakan kepada peserta yang hadir. Acara ini juga dimeriahkan dengan permainan teka-teki pertanyaan yang disiapkan oleh panitia. Para maba tampak sangat antusias mengikuti permainan dengan mencoba menjawab pertanyaan yang diberikan.

Cuplikan kegiatan PKKMB Fisip USU, Jum’at (13/08). (Sumber foto: Dokumentasi Pribadi)

Fathan Mubina, salah satu maba Ilmu Komunikasi stambuk 2021 mengaku puas akan acara yang disajikan oleh panitia. “Kalau nilai antara 5 sampai 10, sekitar 8 lah ya. Untuk sesi pertama lumayan datar kecuali ketika dibacakan surat cinta itu. Untuk sesi kedua yaitu kegiatan di prodi masing-masing menurutku fresh. Aku yakin pasti setiap panitia ingin yang terbaik buat PKKMB hari ini,” ungkapnya. Fathan juga mengaku tertarik ketika pengenalan dan melihat para panitia. “Ada menariknya, waktu kenalan kakak-kakak panitia dan lihat kakak panitia.” tambahnya.

PKKMB FISIP USU 2021 diharapkan dapat membangun rasa kekeluargaan seluruh mahasiswa baru maupun lama, sehingga maba dapat merasakan kenyamanan ketika berada di lingkungan FISIP. “Harapan ke depannya semoga para maba dapat cepat beradaptasi dengan gelar baru mereka sebagai mahasiswa di FISIP, cepat bergabung dan menyatu dengan mahasiswa FISIP karena FISIP itu satu. Serta juga ke depannya diharapkan seluruh mahasiswa merasa nyaman dengan metode online, meski tidak menginjakkan kaki di kampus. Semoga para maba cepat bersatu dengan seluruh mahasiswa FISIP, menjadi keluarga dan menjadi FISIP yang satu,” jelas Yoelando.

(Editor: Muhammad Farhan)

Leave a comment