Esra Natalia Margaretha

Pijar, Medan. Awal bulan April tampaknya dapat menjadi awal bulan yang cukup menenangkan dalam industri musik Indonesia. Pasalnya, penyanyi wanita kelahiran tahun 1991, Yura Yunita telah merilis sebuah single yang berjudul Tenang. Sama seperti karya-karya Yura lainnya, single terbarunya yang satu ini juga tak kalah menyentuh hati.

Lagu yang diawali dengan suara piano yang lembut itu diciptakan oleh Yura pada bulan Ramadan 2020, yang kemudian baru dirilis olehnya satu tahun kemudian untuk menyambut bulan Ramadan tahun 2021. Yura mengaku bahwa ia menciptakaan lagu ini ketika ia sedang merasa bahwa ia berada di lingkungan yang toxic dan traumatic sehingga hanya dapat bercerita melalui musik saja. Yura sendiri berharap lagu ini dapat membawa ketenangan di bulan Ramadan, karena Yura sendiri menyisipkan sebuah doa di dalam lagunya ini.

Ia merasa bahwa rasa tidak tenang yang sering kita hadapi sebenarnya berasal dari pikiran kita sendiri yang sering merasa resah dan gelisah akan masa depan dan juga rasa menyesal akan masa lalu. Padahal kita sebenarnya dapat merasa lebih tenang jika kita dapat menerima diri kita sendiri dan berdialog dengan Tuhan.

Dialog dini hari
Kepada diriku sendiri
Tak bisa ku tertidur lagi
Melayang pikirku tak pasti

Dialog dini hari
Resah gelisah mengiringi
Berharap ada yang mengerti
Berharap kau ada di sini

Dalam penggalan lirik tersebut, Yura menggambarkan rasa kegelisahan yang biasanya sering terjadi pada dini hari. Rasa kegelisahan itu pun biasanya akan diikuti dengan perasaan yang membuat pikiran tidak tenang sehingga biasanya membuat susah untuk tidur lagi. Padahal menurut Yura, dini hari adalah waktu yang paling mujarab dalam berdoa. Maka dari itu, dalam lagu ini Yura menyisipkan sebuah doa di dalamnya. Yura ingin mengajak para pendengarnya agar lebih dapat merefleksikan diri dan mulai menerima diri sendiri secara utuh agar mendapatkan ketenangan. Diharapkan melalui penggalan doa yang ada di dalam lagu tersebut juga dapat memberikan ketenangan bagi pendengarnya.

Tak lama setelah lagunya dirilis, Yura juga mempersembahkan sebuah film pendek dengan judul yang sama dan dapat disaksikan di kanal YouTube Yura Yunita. Dalam film pendek yang berdurasi 7 menit 36 detik ini Yura ingin menyampaikan pesan mengenai bagaimana dalam menghadapi kehilangan dan menerima sekecil apapun yang ada. Film pendek ini digarap oleh Yandi Laurens dan dibintangi oleh Ringgo Agus, Nirina Zubir, Kiki Narendra, dan aktor-aktor cilik, yaitu Gamaliel Eleazar dan Zozo.

Hingga saat ini, lagu Tenang oleh Yura Yunita ini berhasil didengarkan lebih dari 4 juta kali di Spotify dan lebih dari 2 juta kali ditonton di kanal Youtube Yura Yunita. Sedangkan untuk film pendeknya, sudah ditonton lebih dari 900 ribu kali dalam jangka waktu sebulan sejak pertama kali dirilis pada Jumat (16/04).

Seperti judul lagunya, diharapkan lagu ini dapat memberikan ketenangan bagi para pendengarnya. Dengan melodi yang menenangkan dan ditambah suara merdu oleh seorang Yura Yunita, lagu ini pas sekali didengarkan sembari merefleksikan diri pada dini hari kalau saja sedang sulit untuk memejamkan mata. Dengan merefleksikan diri dan kemudian mulai menerima segala hal yang telah terjadi dan yang akan terjadi pada diri kita, perlahan kita akan dapat merasakan ketenangan dalam diri kita.

(Editor: Widya Tri Utami)

Leave a comment