Shofiyana Fadhiilah

Pijar, Medan. Skateboard merupakan salah satu olahraga yang semakin digemari oleh masyarakat di zaman modern ini. Tidak hanya remaja, skateboard juga mulai merambah ke kalangan anak-anak maupun dewasa. Bahkan, olahraga yang satu ini seakan sudah menjadi gaya hidup oleh sebagian besar anak muda.  

Olahraga ini sendiri berasal dari California, Amerika Serikat. Muncul pada pertengahan tahun 1950-an, skateboard sendiri ditemukan tidak lepas dari perkembangan surfing yang ada pada saat itu. Awal masa munculnya olahraga ini, orang-orang tidak menyebutnya skateboard, melainkan sidewalk surfing. Pada saat itu, bentuk skateboard masih sederhana, hanya terbuat dari sebilah papan kayu yang dipasangi empat roda dibawahnya, kemudian tonggak kemudi di bagian depannya.

Dilansir dari moskill.id, olahraga ini ditemukan karena keisengan belaka seorang Frank Nasworthy yang sedang mencari alternatif lain untuk bermain surfing saat laut sedang surut. Semakin berkembangnya bahan dalam pembuatan skateboard, membuat olahraga ini semakin berkembang pesat. Saking berkembangnya, banyak perusahaan-perusahaan pabrik di California memodifikasi papan skateboard dan menjadikannya hal tersebut sebagai peluang bisnis.

Frank Nasworthy merupakan orang pertama yang menemukan olahraga skateboard. (Sumber Foto: moskill.id )

Di Indonesia, olahraga ini masuk sekitar tahun 1980-an, banyaknya informasi seputar skateboard melalui video dan majalah luar negeri menjadi pintu masuk dikenalnya skateboard oleh masyarakat Indonesia. Tak butuh waktu lama, pada tahun 1996 Craig Huddleston membuka toko yang menjual peralatan surf dan skate pertama di Indonesia dengan nama City Surf.

Pada saat itu pula skateboard mulai diterima oleh anak muda Indonesia. Melihat animo anak-anak muda Indonesia yang tinggi, Craig Huddleston mengadakan event kejuaraan skateboard pada tahun 1998 di Jakarta. Akibat diadakannya kejuaraan itu, membuat skateboard semakin berkembang pesat dan mulai muncul komunitas-komunitas penggemar skateboard di Indonesia.

Meskipun olahraga skateboard dikatakan cukup aman dan memiliki kemungkinan cedera yang lebih sedikit, tidak dapat dipungkiri bahwa kecelakaan tentu saja dapat terjadi. Oleh karena itu, untuk melakukan olahraga skateboard ini tentunya harus dilakukan dengan peralatan yang memadai. Sebelum terjun ke dalam permainan skateboard, hal yang paling penting untuk dilakukan adalah memilih papan skateboard yang sesuai standar dan juga perlengkapan yang cocok dan aman.

Pertama-tama, pilihlah papan skateboard yang kondisinya bagus. Kemudian, gunakan helm khusus yang memang seharusnya digunakan dalam olahraga ini. Pilihlah helm yang kokoh dan kuat agar dapat melindungi kepala dari benturan saat sedang bermain. Lalu, gunakan pelindung lutut dan siku. Memang terlihat tidak nyaman, tapi hal ini yang membuat kita terhindar dari cedera. Pastikanlah pelindungnya keras tetapi tidak membatasi pergerakan. Apabila masih merasa kurang aman, maka bisa juga menggunakan tambahan peralatan lainnya seperti pelindung paha dan sarung tangan agar tidak cedera saat terjatuh. Terakhir, pastikan permukaan lantai dalam bermain skateboard tidak berlubang dan banyak rintangan.

Hindari pula bermain skateboard di tempat ramai seperti jalan raya agar tidak mengganggu orang lain dan pastikan juga untuk tidak bermain skateboard disaat hujan maupun becek. Dengan mematuhi serta menggunakan perlengkapan yang aman, tentunya saat melakukan olahraga skateboard akan lebih nyaman dan seru. Bagaimana? Tertarik untuk mencoba?

(Editor: Muhammad Farhan)

Leave a comment