Indonesian Future Leaders: Mengoptimalkan Bisnis Digital Kekinian

Sumber Foto: Instagram @ifutureleaders_malang

Sherenika Azalia

Pijar, Medan. Di era yang sudah modern ini, segala hal tentang bisnis digital tentu sudah tidak asing lagi. Bisnis digital adalah suatu jenis bisnis jasa yang memanfaatkan kecanggihan teknologi untuk menciptakan sebuah produk ataupun untuk memasarkannya. Dalam berbisnis, banyak proses yang harus dilewati bagi para pemilik bisnis. Meskipun hal itu sulit, namun pembisnis harus tetap bertahan dengan cara mereka masing-masing agar bisnisnya tetap berjalan.

Pada Minggu (4/4) pukul 12.30, Indonesian Future Leaders Malang mengadakan sebuah webinar bertemakan “Optimizing Digital Marketing Strategy to Boost your Start-Up” melalui platform Zoom meeting. Bersama dengan Tubagus Syailendra sebagai owner dari @sisabenang, Nadira Aufalia owner dari @wear.label, serta Kinan Muhammad sebagai moderator dan juga owner dari @teman.antusias.

Bisnis fashion yang dijalankan oleh Tubagus Syailendra atau yang kerap disapa dengan Mas TB ini merupakan jenis slow fashion yang berkecimpung di industri minimalist fashion. @sisabenang juga merupakan bisnis fashion yang bernuansa pop culture atau kekinian untuk digunakan oleh anak muda jaman sekarang.

Pada saat ditanyakan mengenai apa yang membuat bisnis fashion ini bergerak, Mas TB mengungkapkan bahwa green business atau sustainable product seperti yang juga digalakkan oleh @sisabenang, saat ini sudah banyak juga digerakan oleh para owner bisnis yang aware akan climate change.

“Dalam menggerakan bisnis ini juga harus memperhatikan market place, sehingga bisnis dapat bergerak mengikuti pasar yang ada,” tambahnya.

Kemudian, Nadira Aufalia sebagai pembicara kedua yang juga merupakan owner dari bisnis fashion kekinian @wear.label sudah menggeluti bisnis ini sejak Juni 2020. Meskipun tergolong baru dalam hal berbisnis, @wear.label sudah memiliki pengikut sampai dengan 24.1K+ di Instagram dengan berbagai produk  fashion basic wanita.

“Dalam hal berbisnis fashion, awalnya aku juga melihat dahulu apa yang diinginkan oleh pasar walaupun dalam hal memperhatikan produk juga sama pentingnya. Sembari berjalannya waktu, aku baru menambahkan beberapa produk yang ternyata juga disukai oleh pasar,” ungkap Nadhira.

Webinar ini ditutup dengan konklusi bahwa dalam menjalankan bisnis diperlukan kegigihan dan keinginan untuk dapat berkonsistensi dalam jangka waktu yang panjang.

(Editor: Erizki Maulida Lubis)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *