Penetapan Tanggal Hari Musik Nasional

Sumber : musik.kapanlagi.com

Septrian A. M. Tarigan

Pijar, Medan. Siapa sih yang tidak suka mendengarkan musik? Tentunya hampir setiap orang menyukai musik, mulai dari kalangan muda hingga orang tua. Musik adalah hal yang sangat menarik. Musik dapat membuat orang menangis, tertawa, bahkan marah. Berbicara tentang musik, sobat Pijar tahu tidak kalau di Indonesia ada perayaan Hari Musik? Yup, Hari Musik Nasional jatuh pada tanggal 09 Maret. 

Hari Musik Nasional pertama kali diadakan pada 09 Maret 2013. Sobat Pijar pasti penasaran nih kenapa perayaannya jatuh pada 09 Maret. Jadi, perayaan Hari Musik Nasional di Indonesia disamakan dengan hari lahir pahlawan nasional Wage Rudolf Soepratman. Seperti yang kita ketahui, Wage Rudolf sangat berperan penting dalam menciptakan lirik lagu kebangsaan kita yaitu Indonesia Raya. 

Merujuk kepada Keputusan Presiden Nomor 10 Tahun 2013, maka masyarakat di seluruh Indonesia dapat merayakan Hari Musik yang diadakan setiap tahunnya. Pemerintah merasa perlu menetapkan Hari Musik Nasional yang bertujuan untuk meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap musik Indonesia. Dengan adanya perayaan ini, diharapkan masyarakat mampu meningkatkan prestasi dan mengangkat derajat musik Indonesia ke kancah yang lebih tinggi. 

Musik sebagai bagian dari hidup kita memberikan warna baru setiap harinya. Melodi merdu selalu mengusik hati dan jiwa para pendengarnya. Dengan mendengarkan musik, kita bisa merasakan lantunan melodi yang menerpa indra pendengaran kita. Lantunan melodi itu menyebar memenuhi rongga telinga hingga sampai ke otak. Aliran musik yang beragam seperti musik klasik, jazz, country, rock, dan yang lainnya memberikan kekuatan dan semangat bagi kita. 

Sobat Pijar pasti mempunyai aliran musik favorit dan lagu favorit bukan? Coba bayangkan kita sedang berada di padang rumput yang luas sambil mendengarkan musik yang sangat disukai, damagenya itu luar biasa sekali bukan? Apalagi jika ditemani bareng doi, dunia jadi serasa milik berdua!

Manusia pun tidak mungkin lepas dari musik. Musik sudah menjadi bagian dari manusia itu sendiri. Tanpa musik pastinya dunia akan terasa hampa. Coba bayangkan, jika musik tiba- tiba menghilang dari dunia ini, pastinya dunia akan terasa sangat kosong dan benar-benar hampa. 

Pada Hari Musik Nasional tahun 2021 ini, semoga musik Indonesia semakin jaya dan berkembang menjadi lebih baik lagi. Dengan begitu perayaan Hari Musik ini akan lebih bermakna dan menginspirasi banyak orang. Selamat Hari Musik!

(Editor: Erizki Maulida Lubis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *