Pelaksanaan MTQ ke-54 Kota Medan di Tengah Pandemi

Sumber Foto: Instagram @mtqkotamedan

Muhammad Farhan

Pijar, Medan. MTQ ke-54 Kota Medan yang berlangsung sejak tanggal 16-23 Maret telah sukses dilaksanakan. Pada tahun ini, pelaksanaan MTQ sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Pandemi Covid-19 yang tak kunjung usai memaksa panitia pelaksana mengganti format pelaksanaan menjadi online.

Pada pembukaan MTQ ke-54 Kota Medan yaitu 16 Maret lalu, Wali Kota Medan, Bobby Nasution, juga sedikit menyinggung perubahan pelaksanaan pada tahun ini. “Meskipun tanpa ada pendukung dan disaksikan langsung oleh masyarakat, namun makna MTQ tahun ini tidak berkurang. Justru masyarakat dari seluruh dunia dapat menyaksikan MTQ tahun ini melalui live streaming, ini juga menjadi tantangan baru bagi qori dan qoriah karena ditonton oleh masyarakat sehingga terlihat jelas kualitasnya dan masyarakat dapat menilai langsung,” ujar Bobby.

Pelaksanaan MTQ tahun ini dipisah menjadi dua tempat, yaitu Asrama Haji Medan dan Perguruan Al-Azhar Medan. Pada tahun ini, peserta yang mengikuti MTQ ke-54 sebanyak 558 orang yang berlaga diberbagai cabang seperti cabang seni baca Alquran, cabang hafalan Alquran dan tafsir Alquran, cabang fahm Alquran, cabang syarh Alquran, cabang seni kaligrafi Alquran, cabang qiraat dan tartilul Alquran, cabang karya tulis ilmiah Alquran, serta cabang musabaqah hadist nabi.

MTQ ke-54 tahun ini, juga menghasilkan juara umum baru. Di mana piala juara umum pada gelaran MTQ ke-53 Kota Medan tahun lalu didapatkan oleh wakil dari Kecamatan Medan Denai, sedangkan pada tahun ini berpindah tangan ke wakil dari Kecamatan Medan Barat. Penyerahan piala juara umum yang dilaksanakan pada hari penutupan (23/3), diserahkan oleh Wali Kota Medan, Bobby Nasution kepada camat Medan Barat. Wali Kota Medan itu juga menyampaikan kata sambutan.

“MTQ ke-54 telah selesai, namun bukan berarti kita selesai membaca, memahami, dan mengimplementasikan nilai-nilai Alquran, namun sebaliknya harus lebih ditingkatkan lagi,” kata Bobby, Wali Kota Medan.

Hari penutupan tersebut juga menjadi penyerahan pataka kepada camat Medan Belawan, yang secara simbolis menandai bahwa MTQ ke-55 Kota Medan tahun depan akan dilaksanakan di Kecamatan Medan Belawan.

(Editor: Erizki Maulida Lubis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *