Yoga Tri Haditya / Tasya Azzahra

Pijar, Medan. Tak dapat dipungkiri, penggemar musik korean pop saat ini sudah menjamur di berbagai penjuru dunia. Termasuk Indonesia yang digadang-gadang menjadi salah satu negara dengan penggemar musik kpop terbanyak. Dari namanya saja kita sudah tahu bahwa kpop merupakan sebuah aliran musik pop asal negeri ginseng. Gaya tata busana serta adanya koreografi membuat masyarakat dunia tertarik dengan aliran musik yang satu ini.

SM Entertainment sebagai salah satu agensi raksasa asal Korea Selatan, sudah melahirkan berbagai boy group maupun girl group yang mendulang kesuksesan di hampir seluruh penjuru dunia. Tak terkecuali NCT, boy group besutan SM Entertainment dengan konsep member tak terbatas. Tahun 2020 kemarin, SM Entertainment mengumumkan salah satu mega proyeknya tersebut yakni NCT 2020. Proyek berskala besar ini menghadirkan 23 anggota NCT secara keseluruhan.

Diketahui bahwa 23 anggota berisikan anggota-anggota dari sub-unit NCT yakni, NCT 127, NCT Dream, WayV, serta dengan tambahan 2 anggota baru, Shotaro dan Sungchan. NCT 2020 akan menampilkan beragam konsep yang memanjakan penggemar serta menampilkan kombinasi dalam sub-unit NCT U yang merupakan sub-unit NCT dengan sifat paling fleksibel.

Proyek ini juga merupakan comeback pertama dari NCT setelah perilisan album NCT 2018 yang bertajuk Empathy. Album NCT 2020 dengan judul RESONANCE merupakan lanjutan kisah di semesta NCT di mana mereka berhubungan satu dengan yang lain melalui mimpi dan musik untuk menciptakan sinergi serta dampak yang luar biasa.

Melalui media sosial, NCT 2020 diketahui merilis teaser grup pertama dengan formasi 23 anggota pada 22 September 2020. Dalam video tersebut para anggota secara bergantian menampilkan karisma mereka dihiasi dengan balutan setelan jas berwarna biru muda dan putih yang menampilkan kesan mewah namun tidak berlebihan. Pada video ini juga untuk pertama kalinya wajah dari 2 anggota baru yakni Shotaro dan Sungchan ditampilkan.

Album RESONANCE dibagi ke dalam dua bagian. Perilisan album NCT 2020: RESONANCE Pt. 1 di tanggal 12 Oktober 2020 dan NCT 2020: RESONANCE Pt. 2 di tanggal 23 November 2020. Bagian pertama dari album RESONANCE berisi 12 lagu termasuk dua title track yang berjudul “Make a Wish” dan “From Home”. Sementara itu, bagian kedua albumnya berisi 13 lagu dan ditambah dengan 8 lagu baru, termasuk “90’s Love” sebagai title track.

Total keseluruhan lagu pada album bagian kedua ini berjumlah 21. Lagu-lagu dari album ini dianggap memenuhi kombinasi warna musik NCT karena menampilkan identitas unik dan visual penuh warna dari semua anggota grup.

Rilisnya album RESONANCE ini, NCT harus diterpa dengan komentar pro-kontra terkait penggambaran konsep penampilan dari lagu “Make a Wish”. Hal ini ditambah dengan salah satu anggotanya, Jisung, yang harus absen dari kegiatan promosi album karena cedera.

Meskipun begitu, album ini tetap menunjukkan kepopuleran dan pencapaian yang luar biasa bagi NCT. Hal tersebut dibuktikan dari angka penjualan album yang fantastis mencapai lebih dari angka 2,5 juta. Tidak hanya itu saja, keberhasilan NCT 2020 menembus Billboard 200 juga menjadi bukti kesuksesan NCT secara keseluruhan.

(Editor: Widya Tri Utami)

Leave a comment