Sumber foto: Humas USU

Dari Mahasiswa USU jadi Rektor USU

Deswita Fajarani / Muhammad Farhan

“Saya berharap di masa kepemimpinan ini seluruh civitas akademika dapat kembali menyatukan energi dan kekuatan untuk membangun USU yang lebih baik ke depannya” – Muryanto Amin

Pijar, Medan. Pria kelahiran Medan, 30 September 1974, Muryanto Amin, merupakan alumni FISIP USU Jurusan Administrasi Negara angkatan 1992 dan melanjutkan jenjang Pendidikan Magister dan Doktor Ilmu Politik yang diraihnya dari Universitas Indonesia dengan disertasinya berjudul ‘Kekuasaan dan Politik Lokal (Studi tentang Peran Pemuda Pancasila dalam Mendukung Syamsul Arifin dan Gatot Pudjonugroho sebagai Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sumatera Utara Periode 2008-2013’.

Muryanto Amin yang kerap disapa ‘Pak Muri’ juga dikenal sebagai sosok yang ramah, gaul, sederhana, enjoy terhadap mahasiswa, dan jika ia bertemu dengan mahasiswa yang sidang, ia selalu memberikan ucapan selamat. Ia benar-benar terlihat sebagai sosok yang selalu berusaha merangkul mahasiswa.

Pak Muri juga dikenal sebagai sosok yang berintelektual. Ia merupakan konsultan politik kondang di Kota Medan. Ia menjadi pengamat politik dan pewara di forum nasional dan internasional. Modal jiwa sosial dan modal intelektual inilah yang menjadi kekuatannya untuk menjadi nahkoda USU di hari-hari mendatang.

Sejak tahun 2002, seorang ayah dari tiga anak ini memulai karirnya sebagai pendidik, di mana ia menjadi asisten dosen di FISIP USU. Jalan yang ia lalui juga mirip dengan dosen-dosen lainnya.

Muryanto Amin diangkat menjadi Dekan FISIP USU pada tahun 2016. Di masa kepemimpinannya, seluruh program studi di FISIP USU berhasil mendapatkan akreditasi A. Selama Pak Muri menjabat, FISIP USU juga aktif dan sering menggelar diskusi dengan tokoh-tokoh publik.

Pada tahun ini, Muryanto Amin mencetak sejarah baru, di mana pertama kalinya rektor USU terpilih dari FISIP. Ia juga menjadi rektor termuda sepanjang sejarah USU dan berhasil mengalahkan pesaingnya yang bergelar profesor.

Di tengah situasi pandemi Covid-19 ini, sebagai Rektor USU Muryanto Amin harus cepat merespons dan adaptif dengan situasi struktural global yang cepat berubah untuk melambungkan USU sebagai perguruan tinggi berwibawa menuju trayek universitas kelas dunia. Banyak orang yang menilai bahwa Muryanto Amin merupakan sosok yang tepat untuk memimpin USU untuk membawa menuju perubahan yang lebih baik di kemudian hari.

(Editor: Rassya Priyandira)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *