Alvira Rosa Damayanti

Pijar, Medan. Wardah sebagai salah satu brand kosmetik yang cukup terkenal, mengadakan sebuah kegiatan bernama ‘Wardah Bright Days’, yang bertujuan untuk mengajak kalangan muda khususnya pelajar dan mahasiswa untuk siap menghadapi dunia.

Webinar bertema Inspiring Talkshow “Skin Education – Healthy Skin From Beginning” ini diselenggarakan melalui aplikasi Zoom meeting pada (12/01), dengan tujuan memberikan peluang kepada para pelajar dan mahasiswa untuk dapat mengembangkan minat dan bakatnya melalui kegiatan Wardah Bright Days Virtual.

Pemaparan materi pertama mengenai skin education, diisi oleh salah satu dokter muda Fakulas Kedokteran UIN Syarif Hidayatullah Jakata, Rara Syifa. Di mana pada pemaraparan materi ini, ia menjelaskan tentang jenis kulit setiap orang yang berbeda-beda. Seperti normal skin, dry skin, oily skin, combination skin, dan sensitive skin.

“Rara Syifa dalam penjabaran materi mengenai beberapa jenis kulit”  (Sumber Foto : Dokumentasi pribadi)

“Kulit normal adalah kulit yang hampir tidak ada masalah. Di mana ia tidak sensitif, tidak terlalu kering, dan tidak terlalu berminyak. Pori-pori juga tidak terlihat, dan kulit terlihat kenyal dan bersih,” papar Rara disusul dengan penjelasan jenis kulit lainnya dalam materi.

Selain memaparkan jenis kulit pada wajah, Co-Assistant (Dokter Muda) Fakultas Kedokteran UIN ini juga memaparkan mengenai fungsi kulit pada wajah setiap orang. “Fungsi kulit itukan banyak ya, seperti perlindungan fisik dari sinar uv, sebagai pengindera, pengaturan suhu tubuh, dan juga termasuk didalamnya penggunaan kosmetik,” ujarnya.

“Jadi sebelum kita menggunakan beberapa produk skincare, pastikan dulu kita mengetahui jenis kulit wajah kita, agar produk skincare yang kita pakai nantinya dapat sesuai,” sambungnya.

Adapun beberapa tahapan penggunaan skincare yang tepat pada wajah, ialah pemakaian cleansing (1 – 2 kali sehari), toner, moisturizer (pelembab), dan protection (sunscreen).

Selain itu pemaparan mengenai healthy lifesytle untuk kulit sehat ialah dengan mengkonsumsi air putih yang cukup dan juga menghindari yang namanya makanan cepat saji. Dan diakhir pemaparan materinya, Rara Syifa berpesan bahwa pola tidur dimalam hari, juga termasuk kedalam healthy lifestyle untuk kulit sehat.

“Dengan memberikan pola tidur yang baik yaitu 8 jam sehari, dapat membantu mengembangkan kulit wajah untuk tetap sehat,” ungkap Rara diakhir materi.

Beralih dari selesainya pemaparan materi yang diberikan Rara Syifa, kegiatan terakhir dalam acara yaitu diisi dengan Beauty Class yang dipandu oleh Desi Wulandari. Ia memperaktekkan tentang bagaimana cara mengaplikasikan make up sederhana yang ringan dan cocok untuk digunakan dalam kehidupan sehari-hari, terkhusus saat pergi ke kampus dan acara-acara lainnya.

“Kalau kita enggak mau make up yang kita gunakan ini tebal atau kebanyakan. Kita cukup menyapukannya secara tipis dan perlahan ke wajah,” tutup Desi diakhir beauty class.

(Editor: Erizki Maulida Lubis)

Leave a comment