Samuel Agustinus Sinurat/Savira Dina

Pijar, Medan. Petra Joshua Sihombing atau yang lebih dikenal dengan nama panggung Petra Sihombing, merupakan pria kelahiran Jakarta 27 tahun silam. Petra Sihombing merupakan anak dari Franky Sihombing yang merupakan seorang musisi gospel Indonesia. Petra memulai debutnya pada tepat pada tahun 2009.

Banyak lagu terkenal yang berhasil dibuat oleh Petra Sihombing seperti lagu Mine (2014), Istimewa (2012), Cerita kita milik semua (2019), dan yang terbaru yang dirilis pada 24 januari tahun 2020 yaitu “ Canggih ”.

Hidup memang harus canggih

Tapi pastikan kau yang pegang kendali

Perhatian nafasmu

Degup irama mewah tersyahdu

Beri beri tubuhmu pesona

Sebagaimana mestinya

Tersita waktu di layar

Pada sibuk berselancar

Jeda dulu, reda

Boleh juga lama tak apa antik

Tak harus robotik

Kau sudah cantik

Berdasarkan penggalan lirik diatas dapat digambarkan tentang makna pegang kendali dalam kehidupan sehari-hari terhadap teknologi canggih. Lagu ini terinspirasi dari kehidupan sehari- hari dengan teknologi canggih khususnya dunia internet yang dijalani oleh Petra Sihombing di tahun 2019.

Dibalut dengan alunan musik hip hop yang kekinian membuat lagu ini mendapat cukup banyak perhatian dari para kalangan muda sehingga ketika mendengarnya membuat kita serasa ingin mengoyangkan kepala.

Video klip lagu ini diunggah di Youtube dan sudah ditonton sebanyak  34.000 kali. Terlihat dari video ini bagaimana Petra Sihombing sedang berlari di atas treadmill. Gambaran kegiatan Petra tersebut pada video klip jelas menggambarkan bahwa di dalam menjalani kehidupan sehari-hari kita tidak bisa lepas dari teknologi apalagi di era sekarang, perkembangan teknologi sudah semakin canggih.

Lagu ini juga memperlihatkan bagaimana teknologi canggih itu mengendalikan seseorang untuk selalu menggunakannya. Hal tersebut dapat dilihat pada sampul album pada lagu ini, menunjukkan seseorang yang selalu melihat layar gawainya seperti dia dikendalikan oleh teknologi tersebut. Tentu tidak dapat dipungkiri bagaimana pesatnya perkembangan teknologi beberapa tahun belakangan ini, meskipun perkembangan terknologi terus meningkat seharusnya kita mampu mengontrol diri dalam memanfaatkan perkembangan tersebut.

Dalam lagu ini Petra mengambarkan tentang perkembangan teknologi masa kini khususnya teknologi digital. “Intinya buat pengingat kalau teknologi itu harusnya membantu kita untuk bisa lebih baik sebagai manusia. Biar kita enggak dikontrol sama teknologi,” ungkap Petra yang dikutip dari CNNIndonesia.com.

Bagi mereka yang merasa kehidupannya sangat tergantung dan merasa dikendalikan oleh teknologi canggih, lagu ini cocok didengar sebab dapat memberikan solusi atau cara untuk mengontrol tubuh kita dari teknologi canggih dan melakukan segala aktivitas tanpa terlalu bergantung dengan teknologi di dalam kehidupan sehari-hari. Irama yang ringan serta lirik yang sangat berkenaan dengan kehidupan saat ini menambah ”rasa” dalam lagu ini.

(Redaktur Tulisan: Widya Tri Utami)

Leave a comment