Hits: 21

Reza Andika Putra

Pijar, Medan. Film animasi jepang atau anime belakangan ini menjadi sorotan kembali. Sudah lama film anime tidak mendunia semenjak film Spirited Away (2001) dan Princess Mononoke (1997). Kimi No Na Wa atau Your Name garapan Makoto Shinkai kembali menaikkan citra anime di kalangan masyarakat dunia bahkan diapresiasi di Holywood. Your Name siap menjadi gerbang untuk generasi terbaru film anime.

Beberapa dari genre anime terkenal digabungkan menjadi satu film. Cerita berpusat pada dua karakter Sekolah Menengah Atas, teknologi dan tradisi sebagai bagian terbesar dari perjalanan mereka dan ingatan tentang suatu musibah besar menghantui kesadaran mereka. Tetapi, tema seperti ini sering dijumpai pada Your Name untuk menaikan nilai cerita namun semuanya terasa unik dan menarik.

Your Name bercerita tentang dua murid Sekolah Menegah Atas, Mitsuha dan Taki yang tidak pernah bertemu namun secara misterius dapat memasuki tubuh satu sama lain kapan saja, untuk jangka waktu yang tidak menentu dan tidak memiliki ingatan tentang kejadian ini. Sekilas dilihat dari luar, film ini hanya seperti dilapisi romcom atau romance comedy dan elemen drama saja. Tetapi tidak butuh waktu lama untuk menyadari bahwa film adaptasi karya Makoto Shinkai ini lebih dari sekedar itu saja.

Mitsuha digambarkan sebagai seorang pekerja keras, baik sebagai murid di sekolah maupun di kuil keluarganya, tempat dia mempelajari tradisi kota tempat dia tinggal. Tradisi tersebut diajari oleh neneknya bersamaan dengan adik perempuannya, Yotsuha. Begitu banyak aktivitas tradisi yang dijalaninya, hal itu membuatnya frustasi ke poin dimana dia meneriakkan keinginannya untuk menjadi seorang anak laki-laki yang tinggal di Tokyo, kota penuh inovasi dan budaya.

Taki, seorang murid SMA yang tinggal di Tokyo yang selalu mengelak untuk mengejar keinginanya, baik itu arsitektur atau perhatian dari teman kerjanya, Miki. Namun, ketika Taki bangun di satu pagi ia mendapati dirinya berada di tubuh Mitsuha, dengan perasaan tidak bersalah dia merasakan apa yang ingin dilakukan laki-laki jika berada di tubuh perempuan.

Memberitahukan terlalu banyak tentang Your Name akan merugikan pembaca karena film ini harus di nikmati “sehangat” mungkin. Ini lebih dari sekedar komedi pertukaran tubuh, meskipun aspek tersebut sudah membuat kita tertawa di awal, itu menjadi penting sampai dimana mereka mempunyai pemahaman yang sama di akhir cerita. Penanganan karakter dan tempo cerita dalam film ini lebih baik dibandingkan film-film Makoto Shinkai sebelumnya. Adapun karya Makoto Shinkai yang paling dikenal adalah Byousoku 5 cm dan Kotonoha no Niwa. Pengunaan waktu yang efisien untuk pendalaman karakter membuat film ini semakin menarik.

Namun bukan hanya cerita saja yang membuat Your Name menjadi film anime terbaik di dunia (Rating 9.25/MAL) tetapi dibarengi dengan visual yang sangat indah, dari pemandangan kota Tokyo sampai ke stasiun kereta api dan tidak kalah bagusnya gambar pemandangan kota kecil tempat Mitsuha tinggal. Tambah lagi kebanyakan dari lokasi yang dipakai pada film ini berdasarkan tempat di dunia nyata. Selain visual, soundtrack yang digunakan dalam film ini ikut mengetatkan setiap emotional beat yang seringkali memecahkan fokus disepanjang film. Selain itu dapat menjadi playlist yang enak untuk didengar. Setiap aspek dalam film ini sangat menarik dan luar biasa, itulah yang membuat film ini sangat sulit untuk dilupakan dan dilarang untuk tidak ditonton.

Kamu tidak perlu menjadi fans anime untuk menikmati Kimi No Nawa. Pada akhirnya Your Name atau Kimi No Nawa adalah film anime generasi baru yang sangat luar biasa dan dinikmati penonton sampai kapanpun.

 

Leave a comment