Yasmin Nabilah

Pijar, Medan. Kamis (24/8) Universitas Sumatera Utara (USU) menyelenggarakan Program Pembinaan Kesadaran Bela Negara (PKBN) dalam Kegiatan Pengenalan Kampus bagi Mahasiswa Baru di Stadion Mini USU. Acara ini dihadiri oleh Prof. Dr. Runtung Sitepu, S.H. M.Hum selaku Rektor Universitas Sumatera Utara,  Prof. Dr. Ir. Rosmayati, M.S selaku Wakil Rektor I, pihak Dekanat, Pangkostrad/Pangdam I BB, Himpunan Mahasiswa Jurusan serta Mahasiswa Baru angkatan 2017 dari masing-masing Fakultas.

Tema untuk PKKMB (Pengenalan Kampus Kepada Mahasiswa Baru) tahun ini yaitu Pembinaan Kesadaran Bela Negara (PKBN). Adapun Prof. Dr. Runtung Sitepu, S.H. M.Hum selaku Rektor USU menuturkan bahwa Program ini bertujuan untuk menanamkan rasa cinta tanah air kepada mahasiswa baru lewat materi yang disampaikan yaitu tentang Kebangsaan dan Pembelaan Negara, materi ini pun berdasarkan ketentuan dari Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Kemenristekdikti) bersama dengan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia (Kemenkumham).

Pada tahun sebelumnya PKKMB dilaksanakan di Fakultas masing-masing, sedangkan untuk tahun ini dilaksanakan se-USU dan sudah menerapkan tema yang telah ditentukan. Adapun perbedaan lainnya yaitu dalam waktu pelaksanaannya yang berlangsung selama 5 hari dan materi sudah ditetapkan di seluruh Universitas di Indonesia. Pembagian waktu dari masa PKKMB yaitu selama 50 jam pelajaran dan satu pelajaran diberlakukan selama 45 menit.

Pihak Rektorat menghadiri dan mengawasi langsung kegiatan PKKMB USU di Stadion Mini USU (24/8)
Pihak Rektorat menghadiri dan mengawasi langsung kegiatan PKKMB USU di Stadion Mini USU (24/8)

Rangkaian acara dalam pembukaan PKBN tahun ini ialah seluruh hadirin menyanyikan lagu Indonesia Raya, pembacaan do’a, laporan ketua panitia kemudian pembukaan oleh Prof. Dr. Runtung Sitepu S.H, M.Hum dan materi tentang Kesadaran Bela Negara yang dibawakan oleh Pangkostrad/Pangdam I BB, dengan diiringi Marching Band kegiatan tersebut pun ditutup dengan kembalinya Mahasiswa ke Fakultas masing-masing untuk melakukan kegiatan PKMB selanjutnya.

“Mahasiswa yang diterima tahun ini ada sebanyak 7.995 mahasiswa baru dan didominasi oleh Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu Budaya, Fakultas Matematika-Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Pertanian dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis,” tutur Prof. Dr. Runtung Sitepu, S.H. M.Hum selaku Rektor Universitas Sumatera Utara.

Dalam kegiatan tersebut untuk memotivasi para panitia penyelenggara dan fakultas, pihak rektorat mengadakan hal menarik yaitu bagi Fakultas terbaik akan mendapatkan hadiah dengan syarat harus memenuhi kriteria-kriterianya. Adapun kriteria yang harus dipenuhi meliputi 4 faktor yaitu ketertiban, keamanan, kenyamanan dan tercapainya sasaran dalam menyampaikan materi yang sudah ditentukan.

Prof. Dr. Ir. Rosmayati, M.S selaku Wakil Rektor I menyampaikan harapannya yaitu “dalam kegiatan yang akan dilanjutkan untuk tahun berikutnya ini maka akan kita sempurnakan kegiatan sosialisasi kepada mahasiswa baru dan akan membuat budaya baru dimana tidak ada lagi senior yang menekan junior, yang kita mau senior dan junior tetap bersatu. Tetapi para junior juga harus menghargai, menghormati seniornya dan tidak harus menggunakan kekerasan fisik, kekerasan mental, tidak lagi seperti itu. Senior pun tidak boleh memprovokasi mahasiswa baru, supaya tidak terjadi masalah antar fakultas,” ujarnya.

Leave a comment