Hits: 664

Riska Lie Fany

            Oh Galih. Oh Ratna, cintamu abadi

            Wahai Galih, duhai Ratna, tiada petaka merenggut kasihmu

Pijar, Medan. Penggalan lirik di atas merupakan sebuah lagu yang populer di tahun 80-an. Lagu yang pertama kali dipopulerkan oleh almarhum Chrisye ini begitu tren pada zamannya. Lagu berjudul Galih dan Ratna ini bercerita tentang dua orang sejoli yang saling jatuh cinta, cinta yang bersemi pada masa SMA yang saling mengikat janji setia abadi.

Lirik pada setiap bait lagu ini begitu memiliki arti yang baik untuk sebuah pengharapan dari sepasang kekasih. Tidak hanya lirik saja, lagu ini juga menggunakan sebuah melodi yang syahdu sehingga terdengar puitis. Lagu Galih dan Ratna begitu melekat di hati para penikmat musik pada saat itu sehingga tidak heran banyak musisi di Indonesia menyanyikan lagi lagu ini. Band D’ Cinnamons menyanyikan lagu ini di tahun 2009 dengan aransemen berbeda, dimana petikan gitar lebih dominan mengiringi lagu ini seperti sentuhan akustik.

Begitu populernya lagu Galih dan Ratna membuat grup vokal GAC mengaransemen dan menyayikan kembali lagu klasik ini. Gamal, Audrey dan Cantika yang memiliki vokal maupun musik dengan genre pop/R&B berani membawakan dengan nuansa melodi yang lebih modern dan terdengar lebih fresh dari sebelumnya. Versi baru Galih dan Ratna ini memang memiliki gaya khas ala GAC ketika mendengarkannya. Penikmat musik akan merasakan sentuhan modern pada lagu ini yang dapat membuat lagu ini semakin terdengar akrab di telinga generasi millenial.

GAC sendiri merupakan grup vokal yang sudah memiliki kualitas dalam hal bermusik, terbukti dengan karya-karya yang sudah mereka keluarkan selalu mendapatkan tempat di hati penikmat musik. Grup vokal ini sempat berkarir dengan mengcover berbagai lagu yang sedang tren dan mendapatkan respon yang luar biasa terutama dikalangan anak muda. Ini karena musik mereka yang ceria dan betempo cepat membuat semangat mendengarkannya kapanpun dan dimanapun.

Grup vokal GAC terdengar begitu apik membawakan lagu ini. Lagu yang begitu ikonik ini semakin bagus ketika sentuhan pop modern serta penambahan berbagai improvisasi di setiap lirik yang ada. Penambahan berbagai unsur pop modern dan improvisasi membuat lagu klasik ini semakin dinikmati oleh anak muda maupun orang tua yang ingin bernostalgia lewat musik yang lebih modern. Ketika baru memutar lagu ini, sudah dipastikan kita secara refleks ikut menyanyikan setiap liriknya. Lagu ini juga cocok untuk kita yang ingin membangkitkan suasana hati yang sedang kalut menjadi ceria sambil membayangkan arti-arti pada setiap bait liriknya.

Galih dan Ratna adalah lagu yang tidak pernah mati dimakan oleh zaman, terbukti bahwa setiap generasi selalu ada yang membawakannya kembali dengan aransemen yang berbeda-beda. Namun tidak menghilangkan ciri khas lagu ini yang masih dengan melodi syahdu dan lirik indahnya. Galih dan Ratna akan selalu dikenang lewat lagu bahkan juga dengan sentuhan film untuk mengingatkan kembali dua sejoli pada masanya.

Tembang Galih dan Ratna selalu berhasil mengingkatkan semua yang mendengarkannya pada masa sekolah, mengingatkan kisah cinta yang melegenda yaitu Galih dan Ratna pada masa SMA. Kisah cinta yang difilmkan dengan berbagai adegan romansa serta penggalan-penggalan bait puisi di dalam film begitu menyentuh hati penonton. Hal ini yang membuat Galih dan Ratna menjadi sepasang kekasih yang melegenda hingga sekarang. Bahkan bisa dikatakan tidak hanya orang tua saja yang tahu lagu ini, generasi millenial juga sudah kecantol dengan lirik lagunya yang ringan dan mudah dihapal.

 

Leave a comment