Atika Putri

Pijar, Medan. Kisah berlatarkan Paris, sebuah kota yang terkenal dengan keromantisan dan keindahannya namun jauh di bawah kota tersebut ternyata menyimpan misteri dan kisah yang mengerikan. Film garapan John Erick Dowdle ini bergenre horror-thriller. Dirilis pada tahun 2014, menceritakan tentang seorang profesor muda bernama Scarlett. Mempunyai gelar Ph.D di arkeologi rakyat, Master dalam ilmu kimia, dan Ph.D lainnya di simbologi, terobsesi untuk mencari sebuah batu bertuah buatan Flamel yang dipercaya dapat memberikan kesembuhan dan keabadian.

Awal cerita dibuka dengan latar di Iran. Scarlett berusaha mencari petunjuk yang bisa membawanya menemukan batu bertuah tersebut. Ia memasuki sebuah gua terlarang dan berhasil menemukan petunjuk bernama “Rose Key” yang mengarahkan dirinya menuju ke Katakombe. Sebuah gua yang merupakan pemakaman bawah tanah terbesar di Paris yang di dalamnya terdapat enam juta mayat. Bahkan lebih banyak dari pada jumlah penduduk Paris sendiri.

Sebelum terjun ke Katakombe, Scarlett ditemani oleh Benji mendatangi George untuk meminta bantuan menerjemahkan bahasa kuno yang didapatkannya dalam Rose Key. George yang awalnya ragu, akhirnya bersedia membantu Scarlett. Untuk bisa masuk ke dalam Katakombe, Scarlett meminta bantuan kepada Pappilon yang dikenal mengetahui seluk beluk jalan berliku dalam gua tersebut. Pappilon beserta dua temannya, Souxie dan Zed bersedia membantu Scarlett setelah diberitahu bahwa di dalam sana terdapat harta karun.

Setibanya di Katakombe, awalnya mereka menelusuri gua tersebut dengan santai. Tidak masalah ketika mereka harus merangkak di atas jutaan tulang-belulang manusia saat melewati lorong. Namun lama-kelamaan hal aneh terjadi dan mereka terjebak dalam jalan yang berputar. Seakan-akan mereka selalu kembali ke tempat yang sama dan membuat Pappilon putus asa. Mereka pun bertemu dengan La Toupe di dalam gua, teman Pappilon yang tidak pernah keluar setelah masuk ke Katakombe bertahun-tahun yang lalu. La Toupe menawarkan diri untuk membantu mereka keluar dari sana yaitu dengan terus turun ke bawah. Namun semakin dalam ke bawah tanah, semakin banyak ditemukan pengalaman paling mengerikan dalam hidup mereka.

Scarlett sangat merasa senang ketika ia berhasil menemukan batu bertuah yang ia cari. Begitu juga dengan yang lainnya saat melihat banyaknya harta karun yang berhasil mereka temukan di dalam sana. Namun ternyata itu semua hanya jebakan. Semakin mereka mencoba untuk keluar, akhirnya mereka selalu kembali ke tempat yang sama. Membuat Scarlett dan George berpikir keras dengan petunjuk-petunjuk yang mereka temukan. Teror yang menghantui pun semakin mencekam. Scarlett pun harus menerima bahwa satu persatu temannya tewas karena teror yang menyerang semakin kuat.

Film ini menyuguhkan pengalaman yang luar biasa. Misteri yang berusaha dipecahkan oleh Scarlett membuat penonton ikut berpikir. Apalagi ketika Scarlett dan George berusaha memahami kalimat-kalimat kuno yang menjadi pegangannya selama menelusuri gua tersebut. Unsur dan nuansa mistik yang bercampur horor mampu membuat penonton tegang seakan-akan ikut dalam perjalanan mereka. Buat sobat Pijar yang suka dengan film horror-thriller dan misteri, film ini cocok untuk dijadikan referensi kalian.

Leave a comment