Yohana Syuhaya

Pijar, Medan. Sabtu (19/11) Mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU) yang tergabung dalam penerima beasiswa Karya Salemba Empat (KSE) memperkenalkan BPJS Ketenagakerjaan kepada para pedagang dan masyarakat di sekitar pasar melati atau sering disebut dengan PAMELA. Kegiatan ini merupakan bagian dari “Aksi Menginspirasi Gebyar Ambasador 2016” yang serentak dilaksanakan di seluruh Indonesia.

Perkenalan BPJS Ketenagakerjaan ini bertujuan agar mempermudah masyarakat dalam menjamin keselamatan mereka dalam bekerja, dan juga sebagai sosialisasi program kerja pemerintah dalam meningkatkan keamanan para pekerja di Indonesia terkhususnya kepada para pedagang di Pasar Melati itu sendiri.

Selain sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan dalam acara ini juga dilakukan gerakan pungut sampah (GPS) di sekitar Pasar Melati dan juga cek kesehatan untuk masyarakat sekitar.  Aksi ini dimulai pukul jam 08.00 pagi – selesai.

Setiawan salah satu mahasiswa peternakan selaku ketua pelaksana dari kegiatan ini mengatakan bahwa “BPJS Ketenagakerjaan ini memberikan asuransi kepada para pekerja untuk menjamin keselamatan kerja mereka, dan tentunya BPJS Ketenagakerjaan akan menanggung biaya apabila terjadi kecelakaan dalam bekerja,”.

“Jadi karena di pajak melati banyak pedagang, makanya kami milih ke situ. Buat sosialisasiin, istilahnya kegiatan ini namanya grebek pasar,” ujar Reyhan Lubis salah satu panitia dalam acara ini.

“Harapannya biar masyarakat bisa mengenal lebih dalam dan sadar akan pentingnya jaminan sosial bagi mereka,” tambah Reyhan Lubis dalam menyampaikan harapannya dengan diadakannya acara ini.

Leave a comment