Viona Matullessya

Pijar, Medan. Agora Exhibitions dan MSW Global menyelenggarakan World Education Expo (WEE) 2016 di Ballroom Hotel Aryaduta, Medan (10/10). Acara ini bertajuk “Indonesia, Land of Creativity” yang dimulai pukul 13.00-18.00 WIB.

Tujuan dari terselenggaranya acara ini adalah dapat memberikan informasi yang seluas-luasnya kepada siswa-siswi di Indonesia tentang pendidikan dalam dan luar negeri. Bila pada umumnya dalam pameran seperti ini pengunjung hanya dapat berkonsultasi di stand-stand yang tersedia, tapi disini pengunjung juga bisa menghadiri seminar-seminar dari orang-orang yang ahli di bidangnya. Diharapkan setelah dari tempat ini pengunjung dapat memperoleh informasi yang berguna bagi dirinya.

Kegiatan tahunan yang sudah berlangsung selama lima kali ini, menghadirkan 25 negara dalam pamerannya dengan lebih kurang 60 institusi dari seluruh dunia. Beberapa diantaranya adalah Jepang, Korea, Amerika, Swiss, Malaysia, Italia, dan masih banyak lagi. Pengunjung bisa berkonsultasi langsung secara gratis dengan perwakilan universitas dari negara-negara yang hadir. Medan adalah destinasi ketiga dari WEE 2016 ini, setelah sebelumnya telah terselenggara di Bandung dan Jakarta, dan akan dilanjutkan di Surabaya.

Selain pameran pendidikan, pihak event organizer dari acara ini juga mengadakan teacher gathering yang menghadirkan 100 pengajar dan konselor dari kota-kota besar di seluruh Indonesia.  Tujuannya untuk menghadiri dan menerima rangkaian seminar dari berbagai kedutaan besar dan  Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Ada juga kompetisi talent show dan businessman competition yang ditujukan untuk siswa SMA dan juga mahasiswa.

“Harapannya untuk ke depannya siswa-siswi Indonesia bisa terbuka wawasannya, dan juga terbuka pilihannya kira-kira akan kemanakah mereka nanti, atau misalnya selama ini mereka berpikir kalau aduh kuliah di luar negeri mahal nih, tapi setelah acara ini mereka bisa pertimbangkan bahwa ternyata kuliah di luar negeri tidak berbeda jauh dengan di dalam negeri dengan kualitas yang mungkin jauh lebih bagus, atau mereka juga bisa menemukan jurusan yang tidak ada di universitas di Indonesia.”, ungkap Anastasya Sie salah satu operation organizer dari WEE 2016.

Salah satu pengunjung yang juga adalah peserta dari Businessman Competition, Yola Anggriani, dari SMAN 1 Medan mengungkapkan antusiasnya, “Acara ini bagus ya, jadi tahu kampus-kampus di luar negeri itu kayak apa, ada juga lombanya kan!”. Yola juga mengungkapkan harapannya agar di tahun depan acara seperti ini bisa terslenggara kembali.

Leave a comment