Hits: 1

Rizka Gusti Anggraini Sitanggang

Pijar, Medan. Komunitas Turun Tangan Medan ikut bersemarak dalam rangka Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-71. Acara peringatan digelar dengan konsep sederhana dan kekeluargaan bersama masyarakat setempat di pelataran Mesjid Lama Gang Bengkok, Jalan Mesjid Lingkungan II Kesawan Medan Barat. Merangkul berbagai elemen masyarakat setempat, acara tersebut dibuka dengan serangkaian kegiatan seremonial pada pukul 08.30 WIB, yaitu pelaksanaan upacara bendera yang dipimpin langsung oleh Zhafri Akmal dari Turun Tangan Medan dan Bapak Muhklis Tanjung selaku Kepala Lingkungan II Kesawan Medan Barat sebagai pembina upacara.

Doni Swandana, salah satu tim Turun Tangan Medan dalam penuturannya, mengungkapkan bahwa komunitas Turun Tangan Medan mempersiapkan acara ini sedemikian rupa melalui kolaborasi dengan masyarakat sekitar. Selain dalam rangka memeriahkan hari Kemerdekaan Indonesia ke-71, tujuan lainnya adalah untuk mengajak muda-mudi Kota Medan agar lebih peduli kepada makna ‘merdeka’ yang sebenarnya tanpa melihat kesenjangan sosial yang kerap terjadi belakangan ini.

Tentu saja, pada acara kali ini, seluruh tim Turun Tangan Medan menyiapkan berbagai perlombaan khas tujuh belasan. Perlombaan dibagi menjadi dua kategori, yaitu umum dan anak-anak. Untuk kategori umum terdiri dari lomba kekompakan ibu dan anak, lomba Indonesia Bersatu, dan lomba Satu Rasa Satu Jiwa. Sedangkan pada perlombaan kategori anak-anak, meliputi lomba memasukkan paku dalam botol, makan semangka, balap karung, dan lari gendong.

Suasana sekitar jalan Mesjid Kesawan Barat Medan saat berlangsung perlombaan balap karung.
Suasana sekitar jalan Mesjid Kesawan Barat Medan saat berlangsung perlombaan balap karung.

Menambah keseruan lagi, acara ini juga menghadirkan sebuah stand baju karya muda-mudi Medan berbahan kaos dan lantunan lagu-lagu khas Indonesia. Dengan tanpa merogoh kocek apapun, masyarakat sekitar juga turut hadir memeriahkan acara tersebut dan ikut terhibur menyaksikan acara hingga selesai. Pada penghujung acara, para panitia Turun Tangan Medan menyerahkan hadiah kepada para pemenang lomba. Acara ditutup dengan momentum foto keseluruhan tim Turun Tangan Medan bersama masyarakat sekitar yang ikut berpartisipasi.

Leave a comment