Hits: 10

Grace Kolin

Pijar, Medan. XL AXIATA bekerjasama dengan KabarMedan.com, TaukoTembung.com Sriwijaya Air, WISATA, KBK dan @Kamaratas menyelenggarakan DIGITALK “Creative Content & Video Blogging” di Graha XL, Sabtu sore pukul 15.30 – 19.00 (13/8). Acara ini dihadiri oleh berbagai kalangan anak muda Medan yang penasaran dan ingin belajar berkarya lewat video yang belakangan ini populer dengan sebutan VLOG di Youtube dan Instagram. Ada tiga pemateri yang dihadirkan dalam acara ini diantaranya, Agus Supratman (Field Producer CNN Indonesia), Aditya Gumay (Founder @Taukotembung), dan kedua founder @ Kamaratas, Kevin & Yoddie.

Tiga hari sebelumnya, dibuka registrasi gratis bagi para peserta yang berminat untuk mengikuti acara ini via online. Ditargetkan ada 150 peserta yang mendaftar. Pada hari H, ruangan acara penuh terisi. Pelajar SMA, mahasiswa hingga orang tua duduk berlesehan santai sambil mendengarkan materi yang dipaparkan oleh narasumber.

Acara ini dimulai dengan pemutaran VLOG dari @Kamaratas, bincang-bincang santai dengan ketiga orang narasumber, disertai dengan diskusi interaktif bersama peserta acara. Kurang lebih selama tiga jam peserta diajak dan dimotivasi dengan trik-trik membuat video yang mudah untuk dipahami dan dipraktekkan.

FOTO DIGITALK2

Mula-mula peserta dikenalkan dengan apa itu VLOG, visualisasi, kerangka tema dan karakter VLOG itu sendiri. Kategori VLOG juga banyak jenisnya, ada ulasan (review), informatif, jalan-jalan, tutorial, dokumenter dan daily. Sedangkan untuk kerangka tema VLOG terdiri dari tiga bagian besar yaitu tema, karakter dan pesan.

“Kadang-kadang ada video yang bagus, tetapi viewers-nya dikit, ada video yang kasak kusuk tapi banyak viewers-nya. Sekali lagi bagus saja itu gak cukup. Tapi konten itu lebih penting.” Kata Aditya Gumay di sela-sela penyampaian materinya.

Materi terakhir disampaikan oleh Agus Supratman mengenai video dalam dunia jurnalistik. Berbeda dengan dua materi VLOG sebelumnya, peserta diajak untuk mendalami proses pembuatan dan pengolahan video yang biasa ditayangkan di media televisi. Mulai dari video sederhana yang dimuat di Youtube sampai video citizen journalism yang mampu menghasilkan uang tambahan yang lumayan.

“Acara ini bagus, mengajarkan kita tentang lebih aktif lagi dalam apa yang terjadi di sekitar kita gitu. Untuk mengambil gambar, supaya untuk memberikan informasi.” Ujar Hendra Sanjaya, karyawan swasta di sebuah perusahaan distributor Medan yang juga salah satu dari peserta yang mengikuti acara ini. Hendra juga mengatakan, materi terakhir adalah materi yang paling ia sukai.

“Bagian materinya Pak Agus Supratman dari CNN itu bagus sekali. Dia memberi tahu bagaimana menggunakan handphone kita ini biar lebih maksimal lagi. Contoh kayak video-video blondongan, kalau misalnya ada kejadian kita ambil video aja gitu, supaya manatau kan ada wartawan datang kita bisa jual.”

Leave a comment