Infinity Publisher

Pijar, Medan. Go green atau yang biasa disebut dengan penghijauan kini sedang digaungkan diseluruh dunia untuk dilakukan, mengingat banyaknya hal-hal yang saat ini sudah merusak bumi. Segala sesuatu diupayakan untuk ramah lingkungan termasuk didalamnya dalam penggunaan energi. Penciptaan mobil listrik adalah salah satu dari upaya untuk membudayakan  hemat energi dan “go green” didalam benak masyarakat.

Inilah yang dilakukan oleh mahasiswa Teknik Elektro USU. Saat ini mereka sudah menciptakan mobil listrik. Mobil ini pertama kali tercetus dari ide dan pemikiran seorang mahasiswa bernama Rio Richard Simanjuntak yang merupakan mahasiswa Teknik Elektro 2012. Yang terpikir adalah apa yang bisa dilakukan seorang mahasiswa Teknik Elektro dalam upaya untuk mengendalikan buruknya penggunaan energi masa ini. Kemudian, muncul lah ide untuk membuat mobil listrik dengan konsep “go green” bersama dengan 15 orang lainnya yang tergabung didalam Tim Asatama. Menciptakan mobil listrik yang ramah lingkungan, hemat energi, tidak membuat emisi, tidak menghasilkan polusi udara, aman dan tentunya terjangkau dengan mengandalkan kualitas baterai listrik yang baik. Inilah yang Tim Asatama canangkan dalam pembuatan mobil tersebut. Mobil ini diberi nama “Evet”. Mobil ini mampu menempuh jarak 30 – 50 km per jam nya dengan masa charge baterai selama 4 – 5 jam.

Tim Asatama, Mahasiswa Teknik Elektro USU menciptakan mobil listrik dengan konsep “go green”.

 

Mobil ini sudah diuji coba dalam ajang kompetisi mobil listrik, Indonesia Energy Marathon Challenge (IEMC) di Surabaya yang  diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember pada tanggal 16-19 Oktober 2014 lalu.

Dalam ajang tersebut mobil ini memperoleh peringkat ke 5 dengan hasil 154,05/km/kwh dari 68 peserta yang mengikuti lomba, dan menjadi mobil yang paling hemat energi dari  seluruh peserta yang hadir dari seluruh Indonesia. Ini tentu prestasi yang membanggakan, mengingat ini adalah kompetisi pertama mereka dengan mobil listrik pertama pula dan sejalan dengan tujuan mereka bahwasannya mobil ini merupakan mobil yang ramah lingkungan dengan hasil paling hemat energi dari antara semua kompetitornya yang lain. Dengan hasil yang demikian, mobil ini diharapkan dapat membawa perubahan bagi penggunaan energi dimasa mendatang.

Leave a comment