Chikita Putri Liani / Yohana Syuhaya

Pijar, Medan. Sabtu (28/3) Departemen Matematika FMIPA USU menyelenggarakan acara MSC (Mathematics Science Competition) 2015 se-Sumatera Utara di Auditorium USU. Acara yang bertemakan “Be Brilliant with Mathematic” ini diikuti oleh sekitar 1000 siswa/i SMP dan SMA dari berbagai daerah di Sumatera Utara. Acara dimulai dari pukul 10.00 WIB hingga 16.00 WIB.

Olimpiade matematika merupakan kegiatan utama dari acara ini. Namun penyelenggara juga mengadakan kompetisi yang bertemakan matematika lainnya yang menuntut kreativitas para siswa. Kompetisi tersebut antara lain, membuat video lagu matematika, puisi matematika, dan karya ilmiah matematika. Para siswa juga disuguhi oleh beberapa acara hiburan seperti stand up comedy, penampilan etnomusikologi, seminar motivasi, dan penampilan tarian melayu.

Aprianto selaku panitia acara menuturkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menyatukan pelajar-pelajar SMP dan SMA se-Sumatera Utara agar lebih berminat terhadap matematika dan tidak berpikiran sempit terhadap matematika. “Kalau dilihat dari keseharian siswa/i di Sumatera Utara ini minat mereka terhadap matematika sangat rendah. Jadi kami mahasiswa matematika USU membuat suatu gebrakan dengan mengadakan kegiatan ini,” tutur Aprianto.

Peserta siswa/i SMP dan SMA dari berbagai daerah di Sumatera Utara yang mengikuti acara Mathematics Science Competition, Sabtu (27/3)
Foto : Chikita Putri Liani

Marida, salah seorang guru pendamping SMP Negeri 16 Medan berpendapat bahwa acara ini dilaksanakan dengan tertib dan teratur. Ini karena panitia telah mempersiapkan kegiatan ini selama kurang lebih 4 bulan.

Menurut Siddiq dan Mifta, peserta dari SMP Negeri 1 Kecamatan Lima Puluh, Kabupaten Batu Bara, acara ini menyenangkan. Mereka berharap agar MSC ini akan terus dilaksanakan dan lebih baik lagi.

“Harapannya agar antusiasme terhadap matematika lebih bagus, lebih berminat terhadap matematika dan mau mengajak junior mereka untuk mengikuti MSC lagi tahun depan,” ungkap Aprianto. Ia juga berpesan untuk para peserta agar jangan pernah takut gagal dan menempatkan ilmu matematika ke bidang yang baik, bukan untuk disalahgunakan.

Kegiatan MSC telah dilaksanakan sejak 2008. Namun, untuk tingkat provinsi baru dimulai sejak 2014.

Leave a comment