Hits: 18

Nur Fitriyani S

Pijar, Medan. Medical Emergency Rescue Committee (MER-C) merupakan organisasi sosial yang bertujuan memberikan bantuan pelayanan kesehatan bagi korban bencana dan perang. Baru-baru ini MER-C Cabang Medan melakukan aksi penggalangan dana melalui donasi hasil penjualan kaos. Desain menampilkan gambar Rumah Sakit Indonesia (RSI) yang ada di Bayt Lahiya, Gaza Utara Palestina.

Seluruh keuntungan yang didapat dari hasil penjualan akan disumbangkan oleh MER-C. Bantuan yang dikirim berupa alat-alat medis yang akan digunakan RSI di Gaza.

Untuk mahasiswa kaos ini dijual seharga Rp 100.000 untuk satu buah kaos,sedangkan untuk umum dijual seharga Rp 150.000.  Kaos ini dapat dibeli di kantor MER-C yang ada di Jalan Setia Budi Komplek Ruko Milala Mas Blok C6, Medan. Selain itu, para pengurus juga berjualan di jalan-jalan kota Medan pada pukul 15.00 sampai menjelang waktu berbuka. Tempat penjualan dapat berganti setiap harinya.

pengurus MER-C Cabang Medan berjualan kaos di Jl Dr. Mansyur

Aksi ini dimulai sejak 11 Juli lalu. Sejauh ini sudah lebih dari 200 lembar kaos yang terjual. MER-C menargetkan akan menjual 3000 lembar kaos hingga akhir tahun nanti.

Selain berjualan kaos, MER-C juga menerima bantuan dari para donatur. Berupa sumbangan perorangan dan sumbangan komunitas yang dapat dikirimkan melalui rekening MER-C. Bisa juga diantar langsung ke kantor MER-C Cabang Medan.

MER-C Cabang Medan sendiri mulai aktif sejak 2010 lalu. Saat ini MER-C Cabang Medan memiliki 30 orang pengurus dan relawan. Relawan berasal dari mahasiswa kesehatan dari berbagai universitas yang ada di Medan.

“Bukan berarti yang diluar kesehatan saja yang boleh menjadi relawan. Jika ada yang ingin menjadi relawan, silahkan datang langsung ke kantor MER-C” ungkap Rika Arianta Sitepu yang merupakan salah satu pengurus MER-C.

Dalam waktu dekat, MER-C Cabang Medan akan mengirimkan seorang dokter spesialis ke Palestina.

Leave a comment