Alfi Rahmat Faisal

Pijar, Medan. Inspirasi Medan. Itulah tema yang diusung pada Roadshow Festival Film Medan 2014 (FFM). Acara tersebut diselenggarakan oleh Medan Cinema Foundation yang merupakan sebuah perkumpulan anak-anak muda Medan yang bergerak di bidang perfilman di kota Medan. Acara ini berlokasi di Lopian Kafe Kopi Jalan Kasuari No.27 Medan, Sabtu (24/5) pada pukul 19.00 s/d 22.00 WIB.

Festival Film Medan 2014 merupakan sebuah kegiatan untuk memberikan apresiasi terhadap insan perfilman Sumatera Utara, khususnya di kota Medan. Acara roadshow ini merupakan rangkaian kegiatan sosialisasi untuk mengajak insan perfilman di Sumatera Utara berkarya lewat Film. Setiap film yang dikirimkan akan melalui proses penjurian untuk kemudian diumumkan pemenangnya dari berbagai kategori pada malam puncak acara. Malam puncak penganugerahan sendiri akan diselenggarakan pada tanggal 1 November 2014 nantinya.

Tamu dari berbagai komunitas di Medan yang datang untuk menyaksikan film-film karya anak Medan.
Foto: Riska Lie Fany

Rangkaian kegiatan dibuka oleh ketua panitia, kemudian dilanjutkan dengan pemutaran film-film karya anak-anak Medan dan diskusi tanya jawab mengenai FFM 2014.  Di sela-sela acara juga penonton dihibur oleh pertunjukan Beatbox dari Oscar and Partner. Rangkaian acara ditutup dengan pemutaran film dokumenter “Sekolah Seberang” hasil karya anak-anak Magacine USU.

“Acara ini diselenggarakan dengan tujuan untuk mengapresiasi insan perfilman di kota medan khususnya agar anak-anak medan lebih termotivasi dalam menghasilkan karya-karya baru, selain itu agar acara ini dapat dijadikan barometer perfilman di kota Medan” ungkap Muhammad Abrar selaku panitia saat ditanya tujuan diselenggarakannya acara ini.

Dian yang merupakan salah seorang peserta sangat antusias dalam mengikuti rangkaian acara. Dia berharap acara seperti ini akan terus berkembang untuk memajukan dunia perfilman di Medan “Acaranya cukup kreatif, karena jarang-jarang juga anak Medan membuat perkumpulan yang mengadakan kegiatan seperti ini. Semoga acara ini terus berlanjut dan bisa terus berkembang untuk kemajuan perfilman di Medan itu sendiri. Film yang di putar pun sangat inspiratif dan keren” tutur Dian.

Roadshow FFM 2014 ini merupakan program perdana yang dilakasanakan di kota Medan, untuk tahun-tahun berikutnya panitia berharap tidak hanya di Medan saja, namun bisa menjangkau seluruh wilayah di Sumatera Utara. Lopian Kafe Kopi sendiri merupakan tempat ketiga yang disambangi Tim Roadshow FFM 2014, setelah sebelumnya dilaksanakan di Exo Koffie dan Kede Kopi Kami. Untuk rangkaian Roadshow selanjutnya akan diadakan di kafe-kafe yang menjadi tempat strategis berkumpulnya anak-anak muda di kota Medan.

Leave a comment