Merpati Putih USU Gelar Latihan Bersama antar Kolat | Foto : Nadya

Pijar, Medan– Di Minggu pagi yang cerah, Kampus Universitas Sumatera Utara (USU) diramaikan oleh sejumlah warga sekitar yang sedang mengadakan senam bersama di lingkungan Gedung Biro Rektor. Namun suasana berbeda diperlihatkan oleh sekumpulan anak muda yang mengenakan pakaian seragam berwarna putih, mereka memamerkan sejumlah gerakan yang identik dengan seni bela diri. Ternyata mereka adalah sekumpulan kelompok latihan (kolat) dari berbagai kolat yang sedang mengikuti Latihan Bersama. Kegiatan antar Kolat ini diselenggarakan oleh salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa USU yaitu Merpati Putih (MP USU) yang merupakan cabang dari seni beladiri Pencak Silat.

MP pada awalnya merupakan ilmu keluarga keraton yang diwariskan secara turun menurun Dan kini berkembang menjadi sebuah seni beladiri yang cukup dikenal dan eksis di tengah masyarakat, termasuk di USU. Dalam kelompok latihan MP USU ini ada tiga hal yang menjadi poros utama yaitu kekeluargaan, persaudaraan dan kesehatan. Sehingga membangun silaturahmi seperti kegiatan latihan bersama ini merupakan salah satu sarana untuk meningkatkan hubungan persaudaraan. Kegiatan ini diikuti oleh kelompok-kelompok latihan pencak silat dari berbagai wilayah di Kota Medan. Selain MP USU, kegiatan ini juga dihadiri oleh sejumlah kelompok latihan lain yaitu kolat dari SMA4, Assafiyah, dan PAB Medan. Pesertanya pun tak hanya diikuti oleh kalangan remaja saja namun juga anak-anak seperti  siswa SD dan SMP.

Merpati Putih USU Gelar Latihan Bersama antar Kolat | Foto : Nadya

Menurut  Ridho, Ketua Kelompok Latihan  Merpati Putih USU, latihan gabungan ini merupakan kegiatan perdana yang dilakukan oleh MP USU. Selain untuk membangun silaturahmi, kegiatan ini juga merupakan bentuk persiapan dalam menghadapi Kejuaraan Antar Kelompok Latihan (KejurKo) se-Sumatera Utara  pada September 2013 mendatang. Dimana USU merupakan tuan rumah di kejuaraan bergengsi dalam pencak silat tersebut.

“Selain bentuk silaturahmi, latihan gabungan ini dilakukan sebagai bentuk persiapan menghadapi Kejurko nanti,” ujar pria berparas tampan tersebut.

Seperti yang telah diberitakan Mediapijar.com sebelumnya, MP USU ini merupakan salah satu perguruan pencak silat bela diri Tangan Kosong (PPS Betako) yang merupakan bagian dari UKM yang ada di Universitas Sumatera Utara. Selanjutnya, Ridho mengatakan dirinya juga akan menjadikan latihan bersama antar kolat ini menjadi agenda rutin bulanan. [nk]

1 Comment

  • tomywardhana
    Posted 29 April 2013 11:22 0Likes

    muantaffff

Leave a comment