Hits: 18

Dwi Garini Oktavianti / Nurul Sukma Asghar

Pijar, Medan. Belakangan ini banyak sekali beredar poster bahkan foto yang menyerupai animasi kartun Disney. Bahkan tak jarang terlihat berbagai foto yang tidak cartoon-able, dianimasikan menjadi kartun berbentuk poster. Ternyata poster ini dapat didapatkan dengan sangat mudah lho, kawan!

Poster-poster ini ternyata dihasilkan dari salah satu platform AI. Bing Image Creator AI namanya. Platform ini merupakan salah satu platform yang dapat membantu pengguna menghasilkan gambar melalui AI dengan menggunakan perintah teks. Gambar yang dihasilkan akan sesuai dengan intruksi yang kita ketik di kolom teks. Kebanyakan pengguna platform ini menghasilkan image yang terlihat seperti kartun Disney, Pixar, Ghibli, dan sebagainya.

Dengan berbasis dasar AI, platform ini dapat menghasilkan berbagai jenis animasi sesuai dengan yang para pengguna inginkan hanya berdasarkan instruksi yang detail. Menariknya, platform ini dapat diakses secara gratis. Pengguna hanya perlu untuk login ke akun Microsoft untuk dapat menggunakan Bing Image Creator AI ini dengan mengaksesnya melalui tautan bing.com/create.

Melansir dari laman zdnet.com, berikut merupakan cara menggunakan Bing Image Creator AI:

  1. Masuk ke Bing Image Creator AI

Pengguna tak harus menggunakan peramban Microsoft Edge untuk mengakses platform AI pembuat poster Disney ini. Bing Creator AI bisa diakses lewat peramban lain dengan memasukkan alamat tautannya.

  1. Login ke Akun Microsoft

Untuk bisa mengakses Bing Image Creator AI, pengguna harus login terlebih dahulu ke akun Microsoft dengan mengetuk “Join & Create” dan masukkan alamat surel yang terdaftar di Microsoft.

  1. Ketik Deskripsi Gambar yang Ingin Dibuat

Selanjutnya, pengguna harus mengetik deskripsi gambar yang diinginkan di kolom yang tersedia, mirip dengan saat menggunakan ChatbotAI. Untuk melanjutkan prosesnya, pengguna menekan tombol “Create”.

  1. Hasil Gambar Ditampilkan

Umumnya platform ini akan memberikan empat gambar untuk dipilih pengguna.

  1. Unduh Gambar

Terakhir, pengguna mengunduh gambar dengan mengetuk gambar yang dipilih terlebih dahulu dan mengeklik tombol “Unduh”.

Dengan proses yang sangat mudah ini, pengguna sudah mendapatkan poster sesuai dengan preferensi pribadi mereka. Biasanya, para pengguna akan membagikannya di akun sosial media mereka. Tak jarang poster yang dihasilkan menggundang gelak tawa para warganet karena desainnya yang kerap tak disangka.

Seperti pada hal pada umumnya, kelebihan tentunya tak luput dari kekurangan yang meliputinya. Keberadaan Bot AI Images ini menimbulkan perdebatan. Beberapa pihak berpendapat bahwa penggunaan bot AI dapat merugikan para seniman digital art. Kemudahannya membuat beberapa pihak lebih memilih opsi ini dibanding menggunakan jasa seniman digital art asli untuk kepentingan formal seperti, tugas, promosi, bahkan branding suatu produk.

Tentunya terdapat perbedaan antara penggunaan jasa seniman digital art asli dengan penggunaan Bot AI Image. Seniman digital art asli memiliki keunikan kreativitas, kualitas tinggi, dan pemahaman emosional dalam membuka pintu untuk karya.

Kemampuan seniman untuk memperhatikan detail dengan cermat, bekerja secara intuitif, serta menjalin kemitraan langsung dan memberi dukungan untuk komunitas kreatif menjadi    aspek yang sulit ditiru oleh Bot AI Image.

Melalui sentuhan personal dan keterlibatan langsung, seniman digital asli tidak hanya menciptakan karya visual, tetapi juga membangun pandangan di mana kreativitas dihargai dan diperkua. Hal ini membuktikan bahwa manusia tetap tak tergantikan dalam merintis perjalanan seni digital.

Walaupun Bing Image Creator AI memberikan kemudahan dalam pembuatan gambar, perlu dipertimbangkan bahwa kehadiran seniman digital asli membawa keunikan kreativitas, kualitas tinggi, dan hubungan emosional yang tak tergantikan. Melalui dukungan terhadap seniman manusia, kita memastikan bahwa kreativitas seni digital tetap dihargai dan diperkaya oleh aspek kemanusiaan.

(Redaktur Tulisan: Marcheline Darmawan)

Leave a comment