Hits: 76

Dea Natalia / Marcheline Darmawan

Pijar, Medan. Sudah sebanyak apa kamu menghargai dirimu? Apakah lebih banyak atau lebih sedikit dibanding kamu menghargai orang lain?

Self-esteem ialah bagaimana seseorang melihat, menilai, pikirkan, dan rasakan tentang diri sendiri. Meningkatkan self-esteem sangat berpengaruh, karena membuat kita merasa sangat berharga dan berguna untuk orang lain. Dengan demikian, kita dapat lebih semangat dan percaya diri.

Buku Love Your Life Love Yourself yang ditulis oleh delapan orang, termasuk Tri Nurhayati ini mengajak kita untuk mencintai diri sendiri. Mencintai diri sendiri dengan memahami potensi yang ada di dalam diri.

Jika kita sudah memahami diri dan mengenal potensi yang ada dalam diri, kita akan meraih kebahagiaan. Tidak ada lagi kata menyerah, putus asa, maupun tidak sanggup akan dunia dan takdir.

Engkau tidak bisa disebut gagal, selama engkau terus mencoba. Engkau hanya gagal jika engkau berhenti.

Kutipan dari buku ini memperkuat kepercayaan pembaca kepada dirinya. Engkau tidak bisa disebut gagal, apapun yang sudah kamu lakukan dan tidak sesuai dengan keinginanmu itu bukanlah kegagalan selama kamu terus berusaha melakukannya sesuai dengan keinginanmu. Tidak ada satu orang pun yang boleh mengatakan bahwa dirimu adalah orang yang gagal.

Buku ini dikemas dengan gagasan-gagasan yang berdasarkan pengalaman pribadi dari kedelapan penulis. Sehingga, isi dari buku ini tidak semerta-merta mengajak orang untuk mencintai diri sendiri, melainkan memaparkan apa yang sudah penulis alami dengan nyata dan mengerti mengapa seseorang harus mencintai dirinya sendiri lebih dari orang lain.

Selain berasal dari gagasan pribadi penulis, kelebihan dari buku ini juga terdapat pada isinya yang tidak mengawang atau mengalun-alun menyuarakan love yourself. Namun, dengan tegas memakai bahasa yang menekankan tentang love yourself itu sendiri. Buku ini juga mengatakan untuk ketahui potensi diri dan asah ia walaupun jalannya sulit, karena itulah potensi dirimu.

Sudah sebanyak apa kamu menghargai dirimu hari ini? Apa saja yang sudah kamu berikan untuk dirimu selama ini?

Gunakanlah sepuluh menit waktumu untuk membaca buku ini setiap hari agar kamu dapat lebih meningkatkan self-esteem. Rangkullah dirimu sebelum kamu merangkul seseorang hari ini. Berilah sesuatu pada dirimu sebelum kamu memberikan sesuatu pada orang lain. Jangan membuat tubuhmu iri dengan orang lain yang lebih kamu hargai.

Carilah hal-hal bijak tentang menjadi diri sendiri dalam 208 halaman ini. Dengan menjadi diri sendiri, kamu akan lebih dihargai tubuhmu dan orang lain. Jangan sembunyikan identitasmu layaknya kamu tidak memilikinya. Kamu adalah hidupmu dan hidupmu adalah dirimu sendiri. Tidak perlu harus sempurna layaknya artificial intelligence (AI).

Sudahkan kamu ingin meningkatkan self-esteem dalam diri kamu? Jika sudah, maka berkelanalah ke dalam buku ini dan carilah apa yang ingin kamu ketahui. Sisihkan waktu untuk meningkatkan self-esteem kamu. Selamat membaca dan tingkatkan dirimu!

(Redaktur Tulisan: Hana Anggie)

Leave a comment