Hits: 60

Alya Ridzki Nazahwa

Pijar, Medan. Mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU) dengan nama tim Sum-Up! berhasil membuat produk kosmetik alas bedak (foundation) alami pada Juli 2023. Melalui Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), tim tersebut mengembangkan formula yang ramah bagi kulit konsumen. Proyek ini menyoroti komitmen mahasiswa terhadap inovasi berkelanjutan dalam industri kosmetik.

PKM adalah program Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi yang berfokus meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam membuat projek, salah satunya adalah kewirausahaan. Sum-Up! pada kegiatan kali ini membawa inovasi baru pada produk kosmetik.

Tim Sum Up! dibimbing oleh Umi Salmah, dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat dan beranggotakan lima orang mahasiswa yang berasal dari fakultas yang berbeda. Elora Giovanni Ompossungu, ketua tim Sum-Up! menjelaskan perjalanan serta hambatan yang dialami oleh timnya pada Jumat (29/09/2023).

“Hambatannya ada pada saat menyusun proposal. Untuk kami yang merupakan mahasiswa kesehatan, kita terjun bebas ke dunia kewirausahaan ini. Proposal yang kami buat hanya berlandaskan pada workshop yang kami ikuti. Kemudian, masih banyak perjuangan lainnya yang harus dihadapi. Namun, kami belajar untuk bisa menjaga solidaritas dan hubungan satu sama lain,” ujarnya.

Elora juga mengungkapkan alasan timnya memilih untuk membuat produk kosmetik alas bedak. Bunga kenanga yang merupakan maskot dari Provinsi Sumatra Utara ikut menjadi bagian dari formulasi alas bedak tersebut.

“Kita buat foundation karena kita lihat produk kosmetik lagi ramai di pasaran. Sum-Up! membuat alas bedak yang bisa menutrisi kulit konsumen melalui ekstrak bunga kenanga yang merupakan maskot Provinsi Sumatra Utara. Hal ini memiliki potensi yang besar untuk menjadi produk yang dapat diproduksi secara berkelanjutan,” pungkas Elora.

Sum-Up! telah meraih lebih dari 60 unit penjualan alas bedak. Kini, Sum-Up! berencana untuk mengembangkan versi lebih kecil dari produk tersebut, dengan tujuan agar alas bedak yang diproduksinya lebih praktis bagi konsumen. Inovasi oleh Sum-Up! menjadi inspirasi langsung bagi mahasiswa untuk menjalankan ide-ide kreatif mereka.

(Redaktur Tulisan: Hana Anggie)

Leave a comment