Hits: 18

Nur Jamiah Nasution

Pijar, Medan. Platform pendidikan daring Harisenin.com mengadakan Mini School dengan mengusung tema “Optimize and Refining your Brand Building through Digital Marketing Strategy”. Kegiatan yang berlangsung melalui Zoom dan live streaming YouTube ini dilaksanakan pada Jumat (17/3/23) pukul 19.00 – 21.00 WIB.

Mini School bertujuan untuk mengedukasi masyarakat dalam membuat strategi digital branding bagi perusahaan. Dalam kelasnya yang mencapai 200 peserta, kegiatan ini menghadirkan pembicara Alfajri Putra yang merupakan Brand Digital eBusiness di Nestle.

Pertama, Alfajri Putra membahas “Komponen Kunci yang Membentuk Fondasi Merek”. Terdapat 5 kategori di dalamnya, yaitu slogan, identitas visual, suara dan kepribadian, preposisi penjualan yang unik, serta visi dan misi.

Kedua, ia menjelaskan “Kualitas Utama Digital Branding”. Terdapat 4 hal yang perlu diperhatikan, yakni story telling, authenticity and consistency, authority and relevancy, dan responsiveness.

Ketiga, pembahasan mengenai “Cara Membangun Merek melalui Strategi Digital”. Ia menjelaskan beberapa cara, antara lain memahami channel funneling dan strategi di digital, membuat platform yang berbeda, strategi media sosial digital, mengembangkan strategi digital di platform Google, dan pilih format iklan.

Sesi pemaparan materi oleh narasumber
(Sumber foto: Dokumentasi pribadi)

Usai membahas ketiga hal tersebut, kelas dilanjutkan dengan kegiatan gelar wicara (talkshow). Di sesi ini, Alex selaku pemandu acara melontarkan pertanyaan kepada Alfajri. “Apa cara yang bisa dilakukan untuk mengembangkan produk secara digital?” tanyanya.

“Platform itu beda-beda fungsinya dan masing-masing target audiens itu punya karekteristik. Kamu harus tau media dan kamu juga harus tau konsumen di mana. Media and placement harus disesuaikan dengan objeknya,” ujar Alfajri menjawab.

Tak hanya pemaparan materi dan gelar wicara, dalam kelas ini juga terdapat studi kasus tentangHow to Drive Awareness and Make The Campaign Bigger“.  Di sesi ini, Alfajri menjelaskan bagaimana membangun kesadaran audiens untuk memilih sebuah produk.

Para peserta tampak antusias mengikuti kelas. Hal ini terlihat dari begitu banyaknya peserta yang mengajukan pertanyaan. Beberapa pertanyaan terjawab berhasil dijawab, tetapi beberapa pertanyaan lainnya tidak terjawab karena keterbatasan waktu.

Pada akhir kelas ini, peserta diberi tugas. Tautan penugasan akan tertutup secara otomatis pada H+4 acara. Bagi peserta yang beruntung akan mendapatkan hadiah menarik.

(Redaktur Tulisan: Laura Nadapdap)

Leave a comment