Hits: 18

Cindy Nathasya Silalahi / Margaretha Silaen

Pijar, Medan. Perpustakaan pada umumnya berfungsi sebagai tempat yang digunakan untuk sarana belajar maupun mencari informasi dari sumber cetak seperti buku, jurnal, novel hingga tesis. Fungsi perpustakaan ini juga berlaku pada Perpustakaan Universitas Sumatera Utara.

Perpustakaan yang terletak di Jalan. Perpustakaan No. 1, Padang Bulan ini, kini sudah banyak digunakan mahasiswa tidak hanya untuk belajar tetapi digunakan juga sebagai tempat berkumpul dengan teman dan beristirahat. Perpustakan ini beroperasi pada hari Senin sampai Jumat pada jam 08.00 WIB dan tidak buka pada weekend.

Sebelum memasuki Perpustakaan USU, pengunjung wajib mematuhi berbagai tata tertib yang berlaku yaitu membawa Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) dan wajib scan pada pintu masuk utama lantai dua. Bagi mahasiswa baru, cukup menunjukkan akun portal USU, memakai masker, tidak boleh membawa makanan ataupun minuman, menitipkan barang-barang yang dibawa pada tempat penitipan atau loker yang sudah tersedia, dan mengembalikan pinjaman bahan perpustakaan sesuai dengan batas pengembalian.

Terdapat berbagai fasilitas yang disediakan, seperti ruangan ber-AC, wifi,  dan tersedia juga banyak titik yang menyediakan stop kontak agar mahasiswa dapat menggunakannya untuk mengisi baterai handphone, laptop atau alat komunikasi lainnya dan meja-meja yang dapat digunakan untuk belajar sendiri ataupun diskusi bersama dengan teman.

Suasana yang tenang dan nyaman membuat mahasiswa lebih fokus untuk belajar dan menghabiskan waktu sembari mengerjakan tugas yang membuat betah lama berada di dalam perpustakaan tersebut.

“Aku sering datang ke perpus itu buat istirahat aja, karena sekalian buat nunggu kelas selanjutnya juga. Kenapa aku milih buat ke perpus, ya karena di sini itu suasananya tenang dan juga ada tempat lesehan begitu di lantai empat yang bisa buat dipake untuk tidur. Di sini juga gak hanya buku kuliahan saja, ada juga novel yang bisa dibaca.” ucap Ananda, mahasiswa Ilmu Komunikasi stambuk 2020.

Selain itu, terdapat beberapa spot yang dapat digunakan untuk membaca buku sambil duduk lesehan yang terletak di lantai empat yang banyak digunakan mahasiswa sebagai tempat untuk diskusi kelompok. Lalu, terdapat juga creative lounge yang terletak di lantai satu. Namun, terdapat batasan pengunjung creative lounge setiap harinya. Jumlah pengunjung maksimal hanya sampai 20 orang pengunjung pada sekali kunjungan.

Terdapat juga kantin yang terletak tidak jauh dari perpustakaan yang memudahkan mahasiswa untuk menjangkaunya. Dengan harga makanan dan minuman yang ramah di kantong mahasiswa membuat kantin ini selalu ramai dikunjungi setiap harinya.

Suasana dan fasilitas yang mendukung, menjadikan perpustakaan ini sangat direkomendasikan bagi mahasiswa yang ingin mengerjakan tugas atau sekedar nongkrong sembari melepas penat dan menikmati waktu.

(Redaktur Tulisan: Naomi Adisty)

Leave a comment