Hits: 130

Yulia Kezia Maharani

Pijar, Medan. Ketika kita membayangkan sebuah tempat nongkrong yang asik, homely, serta memiliki kapasitas ruangan yang cukup luas, Awaian Coffee House merupakan pilihan tepat bagi kamu yang sekadar ingin ngopi maupun makan bersama teman atau keluarga.

Kafe yang terletak di Jalan Beo No.47, Sei Kambing B, Sunggal, Medan ini ternyata adalah hasil transformasi dari sebuah homestay, lalu berubah menjadi kafe bernama “Roemah Awai”, hingga akhirnya melakukan rebranding pada akhir 2021 menjadi Awaian Coffe House.

“Awaian kafe diambil dari bahasa Aceh ‘Awai’ yang artinya ‘awalan’, di mana pemilik berharap dimulai dari kafe ini dapat menjadi awalan yang baik ke depannya,” jelas Rayno David, salah satu barista dari Awaian Cafe.

Berbeda dari kafe-kafe pada umumnya, Awaian Coffee House memilih konsep scandinavian yang membuat kafe tersebut terasa seperti rumah. Selain itu, desain minimalis industrial dengan furnitur kayunya juga menambah kesan teduh dan betah untuk berlama-lama di dalam kafe ini, lho!

Kafe ini juga menyediakan tipe ruangan outdoor dan indoor. Jika kita memilih bagian outdoor, pilihan ini semakin tepat ketika kita datang saat sore ke malam hari. Susunan kursi di halaman, dihiasi tanaman hijau, dan juga lampu taman akan mempercantik tampilan luar kafe tersebut, sehingga siapa pun yang duduk di sana ditambah sejuknya angin sepoi-sepoi akan merasakan suasana yang lebih santai dan nyaman.

Bagian Outdoor dari Awaian Coffee house
(Fotografer: Yulia Kezia Maharani)

Pada bagian indoor sendiri, ruangan yang lapang dan langit-langit yang tinggi membuat kafe tersebut tampak megah dan luas. Nuansa warna cokelat karena furnitur kayunya membuat kafe ini terlihat simpel, tetapi sangat nyaman untuk ditempati. Pada lantai tiga, di beberapa sudut ruangan, terdapat beberapa furnitur antik yang digunakan sebagai pemanis seperti kursi goyang agar menambah kesan vintage pada Awaian Cafe tersebut.

Fasilitas lain yang disediakan ialah AC, wifi, kamar mandi, dan musala khusus umat muslim sehingga akan lebih mudah melaksanakan ibadahnya. Selain itu, Awaian Cafe juga menyediakan dua jenis pelayanan, yaitu self service dan table service.

Harga menu yang tersedia juga pastinya sesuai kantong, khususnya mahasiswa, yakni dimulai dari 20-35 ribuan saja. Menu favorit dari Awaian Cafe ini, antara lain Awaian Kopsu, red velvet with ice cream, blue elixir iced coffee, serta menu non-coffeenya yaitu tropical fruit aloe vera dan summer fruit aloe vera. Tak hanya minuman, beberapa makanan maupun camilan juga tersedia seperti rice bowl teriyaki, Indomie sambal matah, spicy chicken wing, french fries, dan masih banyak lagi.

Mayoritas pengunjung yang datang ke Awaian Kafe tersebut adalah khalayak muda, khususnya mahasiswa dan pekerja kantoran. Namun, beberapa keluarga juga turut menjadi pengunjung.

Awaian Coffee House buka setiap hari, mulai pukul 11 pagi hingga pukul 10 malam. Tetapi pada akhir pekan, kafe ini tutup pada pukul 11 malam. Sesekali, kafe ini juga mengadakan live music untuk menarik para pengunjung lebih banyak lagi.

Tiap sudut dari Awaian Cafe memiliki spot foto yang instagrammable. Kafe ini bisa menjadi pilihan tempat kamu hang out atau mengerjakan tugas kuliah jika merasa penat di rumah. Jadi, tunggu apa lagi? Ayo mampir ke Awaian Coffee House!

(Redaktur Tulisan: Laura Nadapdap)

Leave a comment