Hits: 317

Indah Mawarni / Reny Elyna

Pijar, Medan. Medan Internasional Film Festival mengadakan pemutaran film sebagai awal menuju pagelaran besar Medan Internasional Film Festival pada tahun 2023 yang akan datang. Hal ini untuk mendukung terselenggaranya Medan Internasional Film Festival 2023 yang turut dibantu oleh US Consulate Medan, Alliaance Francaise Medan, dan PEMKO Medan. Kegiatan ini berlangsung di Studio Film Movieresto Prime Indonesia Medan, Senin (18/12/22).

Medan Internasional Film Festival 2023 merupakan gabungan dari beberapa komunitas film inisiasi dari Forum Film Sumatera Utara. Kegiatan ini diharapkan dapat menjangkau seluruh lapisan warga Kota Medan khususnya warga yang sulit menjangkau akses bioskop agar tetap mendapatkan film terbaik.

Tema yang diusung dalam pemutaran film pada MIFFEST adalah kuliner dan budaya Kota Medan. Selain itu, project pemutaran film ini juga mengusung tema internasionalisasi dengan harapan menjadi momentum agar film yang ditayangkan di Kota Medan dapat terkenal dan mendunia. Pemutaran yang berlangsung ini pun dibantu oleh para sineas Kota Medan dengan memuat film yang beragam, mulai dari lokal hingga dari sponsor US Consulate Medan seperti The Atomic Cafe, The Donut King, dan sebagainya.

Cuplikan saat penayangan film di Project screening MIFFEST 2023
(Fotografer : Indah Mawarni)

Yesika Natalina, selaku Project Officer dari Manu Project Indonesia yang turut membantu terselenggaranya pemutaran film atau screening time MIFFEST ini menjelaskan nantinya pada pagelaran besar Medan Internasional Film Festival pada tahun 2023 yang akan datang akan diadakan workshop perfilman yang turut mengundang para sineas yang terkenal seperti Joko Anwar, Ernest Prakasa, dan yang lainnya.

Selain itu ia juga menambahkan bahwa nantinya juga dibutuhkan para volunteer dari pelajar hingga mahasiswa untuk terselenggaranya acara MIFFEST 2023 ini.

“Nantinya dari pelajar baik SMA, SMK, ataupun mahasiswa dibutuhkan untuk menjadi Volunteer. Mereka akan diajarkan menjadi programmer, manajer IO, dan sebagainya Sehingga, dapat melanjutkan Program Medan Internasional Film Fest ini,” ujarnya.

Salah satu pengunjung bernama Riana Az-Zahra yang merupakan mahasiswi Universitas Sumatera Utara mengatakan film yang ditayangkan di Studio Film Movieresto Prime Indonesia Medan sangat bagus dan menginspirasi.

“Saya berharap festival film seperti ini akan terus ada dan berkembang agar film karya anak bangsa khususnya anak Medan dapat dikenal banyak orang baik dari dalam negeri maupun luar negeri atau semakin mendunia,” ungkapnya.

(Redaktur Tulisan: Naomi Adisty)

Leave a comment