Hits: 57

Muhammad Fikri Haikal Saragih/ Septrian A. M. Tarigan

Pijar, Medan. Universitas Sumatera Utara (USU) menyelenggarakan kegiatan Job Fair & Festival Produk Inovasi pada 5 – 6 Desember 2022 di Gedung Pancasila USU. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka membuka dan mencari mitra kerja bagi mahasiswa yang tertarik bergabung di perusahaan. Selain itu, panitia penyelenggara mengungkapkan acara ini bertujuan untuk meningkatkan produktivitas di masyarakat, khususnya mahasiswa lulusan baru.

Adapun kegiatan yang diadakan mencakup seminar, presentasi Human Resource Development (HRD), sesi tanya jawab, dan career talk. Pihak perusahaan dari setiap stan juga menyampaikan penjelasan mengenai perusahaan mereka dan posisi yang dibutuhkan dalam perusahaannya. Tak hanya itu, acara ini membuka kesempatan berjualan dengan menyediakan stan-stan yang menjajakan camilan hingga produk unik.

Kumpulan tenant yang memamerkan produk inovasi. (Fotografer : Septrian Arnike Maharani br Tarigan)

Salah seorang peserta yang menempati stan perusahaan Oto Group menyatakan bahwa kegiatan terlaksana dengan baik. Ia merasa setiap stan memiliki tujuan yang bagus dan membantu mendapatkan pekerjaan. “Saya merasa cukup puas dengan apa yang ada saat ini. Untuk para alumni maupun teman-teman yang ingin bekerja kita berikan lowongan pekerjaan. Kebetulan setiap stan memberikan lowongan pekerjaan, jadi membantu mereka mendapatkan pekerjaan lebih mudah,” terangnya.

Di sisi lain, salah seorang tenant dari Grab mengungkapkan pesannya. Menurutnya, panitia sebaiknya lebih gencar dalam promosi. “Penyelenggaraannya baik, tapi menurutku sebagai tenant dan juga peserta untuk perekrut, sarannya kepada penyedia acara lebih dikencangkan lagi promosi dan media promosinya, karena dari hari pertama hingga hari kedua persentase jumlah pengunjungnya kurang ramai. Kalau promosi acaranya menarik, media promosinya banyak, pasti antusiasme pengunjungnya lebih banyak lagi,” ucapnya.

Nabila Amalia, salah satu peseta, mengungkapkan produk yang dijual bervariasi dan bagus. “Untuk produk inovasi, banyak yang menjual dengan bermacam-macam dan inovasinya juga bagus-bagus, seperti ada yang jual mi dari sayuran. Kami juga menjual seblak mozzarella pertama di kota Medan,” sebutnya. Ia juga mengatakan bahwa pengunjung kebanyakan dari kalangan mahasiswa dan banyak yang tertarik dengan produk dari setiap stan.

Dengan terlaksananya kegiatan acara Job Fair & Festival Produk Inovasi ini, para tenant berharap dapat meningkatkan produktivitas dan memudahkan masyarakat dalam mencari lowongan pekerjaan. “Kami sebagai tenant berharap bisa dapat tambahan mitra, karena kita sebagai perusahaan juga butuh mitra untuk bekerja di perusahaan kita,” jelas seorang tenant dari stan Grab.

(Redaktur Tulisan: Laura Nadapdap)

Leave a comment