Hits: 48

Yolanda Naibaho / Erna Berliana

Pijar, Medan. “Huta Namartuai” merupakan lagu berbahasa Batak Toba yang diciptakan oleh Viky Sianipar dan dinyanyikannya bersama Ogar Nababan. Lagu ini mengisahkan tentang betapa indahnya kampung halaman beserta kisah dan kenangan yang ada di sana.

Lagu bahasa daerah ini berhasil menarik minat para pendengarnya, terlebih lagi karena “Huta Namartuai” merupakan musik film (soundtrack) dari Ngeri-Ngeri Sedap, film yang juga berhasil menarik perhatian masyakat Indonesia. Lagu tersebut mampu menghipnotis para penonton yang menyaksikan film ini.

Banyak pendengar dari lagu “Huta Namartuai” menangis dan terharu karena maknanya yang sangat mendalam. Lagu ini sangat cocok didengarkan oleh para anak rantau dari segala kalangan usia yang rindu dan ingin segera pulang ke kampung halamannya. Terlebih lagi, mereka yang baru saja meninggalkan kampung halamannya dan tidak terbiasa dengan lingkungan baru, pasti sangat mengena dengan makna lagu yang satu ini.

“Huta Namartuai” memiliki nilai yang menarik perhatian karena alunan musik dan lirik dari lagunya membuat orang terhipnotis dan seakan sedang berada di kampung halaman. Suara Viky Sianipar dan Ogar Nababan yang merdu menjadi faktor yang membuat lagu tersebut berhasil masuk ke telinga para pendengarnya.

Karya Viky Sianipar ini telah ditonton sebanyak lebih dari 1 juta kali di YouTube. Beberapa curhatan warganet yang merindukan kampung halaman terlihat membanjiri kolom komentar pada unggahan di kanal pribadi Viky ini. Salah satunya dikutip dari akun All is All, “… Lahir, tumbuh besar & hidupku memang di Jakarta, tapi Sumatra Utara selalu menjadi kampung halaman yang selalu kurindukan,” tulisnya.

Di huta namartuai

tongtong lao tusi ma rohakki

na di topi tao i

siingotonki uju haheteonki

Salah satu penggalan lirik lagu tersebut yang memiliki arti “di tempat yang bagus di sana, hatiku selalu memikirkannya, ketika di tepi pantai, tersimpan kenangan manis masa kecilku”. Ini menunjukkan betapa kita ingin pulang ke kampung halaman kita, bersantai, sambil menikmati betapa indahnya alam dan ciptaanNya. Terkenang masa kecil yang selalu punya cerita.

Lagu Huta Namartuai memang lagu berbahasa Batak dan dinyanyikan oleh penyanyi suku Batak pula. Namun, makna dari lagu tersebut bisa dipakai dan dinikmati oleh setiap orang tanpa memandang suku dan ras manapun. Lagu ini memang memiliki lirik dan makna khusus untuk para anak rantau yang sangat ingin kembali dan pulang ke kampung halamannya dan menikmati setiap detik, menit, dan jam untuk berkumpul bersama keluarga dan teman di kampung halaman. Namun, lagu ini juga dapat membuat pikiran kita tenang dan sejenak berhenti memikirkan berbagai permasalahan hidup kita.

(Redaktur Tulisan: Laura Nadapdap)

Leave a comment