Hits: 24

Erna Berliana

Pijar, Medan. Memperingati Hari Kesaktian Pancasila merupakan bentuk kepedulian masyarakat terhadap semua pejuang yang telah mengorbankan jiwa dan raga untuk Negara Republik Indonesia. Hari Kesaktian Pancasila juga dianggap momentum untuk selalu memperkuat kesetiaan pada dasar negara.

Dikutip dari situs Kemendikbud, tema Hari Kesaktian Pancasila tahun ini adalah “Bangkit Bergerak Bersama Pancasila”. Dari tema yang diangkat, sebagai masyarakat Indonesia harus mengerti bahwa Pancasila hadir sebagai dasar negara yang akan mengajak semua warga negara untuk terus berjuang dari segala keterpurukan. Masyarakat diajak untuk bersama-sama membangun negara dengan penuh semangat Pancasila.

Dalam mewujudkannya, banyak hal yang harus dipersiapkan, seperti generasi muda yang mengerti dengan ideologi pada Pancasila. Perlu disadari bahwa generasi muda masih sepele dalam mengimplementasikan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila. Hal ini menjadi salah satu tantangan dalam penerapannya pada generasi ini, sehingga perlu menjadi perhatian bersama.

Membangun karakter yang berlandaskan nilai-nilai Pancasila menjadi faktor penentu keberhasilan generasi muda dalam mewujudkan kemajuan negara. Hal ini dapat dilakukan dengan peran aktif generasi muda dalam memperingati hari-hari besar ataupun hari nasional seperti Hari Kesaktian Pancasila yang saat ini diperingati.

“Zaman boleh berubah, gaya hidup berganti, arus globalisasi menderas, tetapi bangsa Indonesia akan tetap berpegang teguh pada Pancasila dan segenap nilai-nilai yang dikandungnya.” Penggalan kalimat tersebut disampaikan oleh Presiden Jokowi pada postingan Instagramnya. Ia mengingatkan generasi penerus bangsa bahwa apapun bentuk perkembangan yang telah dirasakan saat ini, tetap saja tidak boleh lupa bahwa Pancasila adalah bukti dan akar dari semua perkembangan yang telah dirasakan.

Melalui peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun ini, generasi muda sebagai generasi penerus bangsa diajak untuk banyak mengambil pesan yang terkandung dalam setiap penggalan kalimat “Bergerak Bersama Pancasila”.

(Redaktur Tulisan: Laura Nadapdap)

Leave a comment