Reny Elyna / Yoga Tri Haditya

Pijar, Medan.  Kejar mimpi, salah satu gerakan sosial yang diinisiasi oleh CIMB NIAGA kembali hadir. Kegiatan kali ini bertujuan untuk mengajak masyarakat, khususnya generasi millenial untuk mengulik lebih dalam lagi dunia bahasa isyarat melalui pelatihan. Kegiatan dengan tajuk “Kejar Mimpi Tangerang Class 1.0: Yuk Belajar Bahasa Isyarat” ini berlangsung selama dua hari, yaitu Sabtu-Minggu (27-28/11/21) pukul 13.00 WITA melalui Zoom Meeting.

Acara ini diawali dengan perkenalan pemateri yaitu Bunga Delima (CEM Parakerja) yang merupakan teman tuli atau penyandang tunarungu oleh pembawa acara Nurviana Viranesi. Kegiatan ini juga menghadirkan beberapa penerjemah bahasa isyarat yaitu Uye dan Rezki yang membantu Bunga Delima dalam memaparkan materinya.

Bunga menjelaskan bahwa teman tuli memiliki budayanya sendiri dalam berkomunikasi. Ia memaparkan bahwa untuk berkomunikasi, teman tuli mengandalkan visual dan ekspresi. Jika menggunakan telepon biasa yang hanya mengandalkan audio saja, tentu teman tuli akan kesulitan. Sementara itu, dengan menggunakan platform video conference seperti video call dan Zoom Meeting, teman tuli akan dapat berkomunikasi karena terdapat visual dan ekspresi di dalamnya.

Selanjutnya, Bunga dan penerjemahnya memberikan materi berupa praktik langsung penggunaan bahasa isyarat. Sesi ini dimulai dengan pengenalan alfabet dalam bahasa isyarat, perkenalan diri, kata sapaan, ucapan selamat, dan sebagainya.

Dijelaskan bahwa untuk mempelajari bahasa isyarat, yang pertama harus dilakukan adalah belajar mengenai dunia dan budaya tuli. Hal tersebut bisa didapatkan salah satunya dengan bergabung ke dalam komunitas tuli. Kemampuan dalam mempelajari bahasa isyarat juga berbeda pada setiap orang. Maka, untuk memperlancar kemampuan menggunakan bahasa isyarat, disarankan untuk sering bertemu dan berinteraksi dengan teman tuli lainnya.

Anandha, salah satu peserta mengaku sangat merasakan manfaat dari acara ini. “Seru dan bermanfaat banget. Tidak membosankan sama sekali dan mudah dimengerti. Terima kasih Kak Bunga, Kak Rezki, dan yang lain,” ucapnya.

Acara ini ditutup dengan melakukan sesi foto bersama yang dipandu oleh pembawa acara.

(Redaktur Tulisan: Tasya Azzahra)

Leave a comment