Aisha Tania Sinantan Sikoko

Pijar, Medan. Beasiswa Teladan 2022 Tanoto Foundation kembali dibuka. Beasiswa ini diperuntukkan kepada seluruh mahasiswa baru di sembilan universitas mitra. Tanoto Scholar Association (TSA) Medan bersama Go-Scholarship mengadakan diskusi secara live melalui Instagram pada Minggu (12/09/21) pukul 14.00 WIB untuk berbagi informasi seputar beasiswa ini.

Diskusi dihadiri oleh tiga mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU) yang juga peraih beasiswa Teladan. Ada Olivia Avira dari jurusan Ilmu Teknologi Pangan, Yanto F. A. Silalahi dari jurusan Akuntansi, dan Terry Alwavi Ginting dari jurusan Teknik Elektro. Kegiatan ini dipandu Hana Salsabila Firdaus sebagai moderator yang juga merupakan peraih beasiswa Teladan asal Institut Pertanian Bogor (IPB) dan co-founder dari Go-Scholarship.

Terry pun menyampaikan beberapa tips, yaitu memastikan untuk istirahat yang cukup agar lebih fokus dan konsentrasi saat tes dan wawancara, laptop yang memadai dengan Google Chrome yang sesuai untuk asesmen daring, serta lingkungan yang kondusif.

Salah satu momen kegiatan yang dihadiri oleh penerima beasiswa Teladan atau Tanoto Scholar dari berbagai universitas mitra. (Sumber Foto: Campuspedia.id)

Tips lainnya turut dibagikan Yanto yang berharap agar para peserta mengikuti jalannya proses tanpa tergesa-gesa menyelesaikan seluruh proses sekaligus. “Fokus ke satu-satu tahap seleksinya aja,” ucap Yanto. Ia juga menambahkan masukan untuk teliti, mempersiapkan berkas sejak awal, dan mengecek kembali berkas karena apabila sudah menekan tombol daftar hal-hal yang terkait di dalamnya tidak bisa diubah lagi.

Khusus mahasiswa baru dapat mengikuti jalur pendaftaran reguler. Sedangkan mahasiswa pada semester lainnya dapat mengikuti jalur afirmasi. Adapun syarat tambahan, yaitu mahasiswa adalah seorang disabilitas atau memiliki kebutuhan khusus dan berasal dari daerah 3T yaitu terdepan, terluar, dan tertinggal, serta berasal dari keluarga pra sejahtera.

Beasiswa ini telah dibuka sejak 17 Agustus dan akan ditutup pada 30 September. Bagi yang ingin mendaftar, ada 4 tahap yang perlu dilalui. Mulai dari pendaftaran administrasi secara daring, tes daring satu, tes daring dua, lalu terakhir wawancara.

Berbagai manfaat dapat diperoleh sebagai seorang Tanoto Scholars dengan mengikuti program selama 3,5 tahun hingga lulus di semester 8.  Diantaranya adalah tunjangan biaya kuliah sampai dengan semester 8 dan uang saku bulanan, serta beberapa manfaat lainnya. Untuk lebih lanjut syarat-syarat dapat dilihat melalui halaman website tanotofoundation.org.

“Program ini bertujuan untuk membangun generasi unggul dan pemimpin masa depan yang tangguh untuk berkontribusi dan membawa dampak positif untuk Indonesia,” jelas Olivia tentang program Teladan oleh Tanoto Foundation.

Yanto mengajak para calon pendaftar untuk percaya diri. “Sebaik-baiknya kamu menyusun formulir kalau misalnya kamu ada salah sedikit aja itu bisa jadi nggak lulus. Jadi sebenarnya nggak jadi patokan utama di situ. Semangat teruslah kalau pesan aku. Kalau ada kira2 yang dibutuhkan buat petunjuk, kalau misalnya ada yang bingung boleh menghubungi Instagram TSA Medan. Kita punya beberapa recruitment ambassador, nanti bakal dijawab langsung kebingungan teman-teman,” ungkap Yanto.

Sebagai penutup, Terry mengajak para calon pendaftar untuk menunjukkan versi terbaik diri sendiri dan berdoa mengharapkan yang terbaik. “Apapun tesnya tetap berusaha lebih baik. Jangan lupa juga kalau kita udah berusaha, serahkan semuanya kepada yang maha kuasa,” ucap Terry.

(Redaktur Tulisan: Tasya Azzahra)

Leave a comment