Grifin Angelina Tobing

Pijar, Medan. Sidang terbuka dengan tajuk “Working Together to Protect Our Health Against Covid-19 Threats” diselenggarakan oleh Universitas Sumatera Utara dalam rangka menyambut Dies Natalis USU ke-69. Sidang yang digelar secara daring ini turut dihadiri Presiden Joko Widodo, Selasa (21/9/21).

Sidang terbuka ini merupakan acara utama dari serangkaian acara Dies Natalis USU ke-69 yang sebelumnya sudah berlangsung. Sidang tersebut juga dilaksanakan sebagai bentuk perwujudan kehadiran USU yang telah berdiri dan meluluskan sebanyak 212.523 alumni.

Presiden Joko Widodo, dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada USU atas kinerjanya selama ini dalam upaya menghasilkan lulusan terbaik bagi Indonesia. Lebih lanjut, dikatakan Jokowi, pimpinan program studi dan fakultas harus siap berkoordinasi untuk membangun jaringan yang lebih luas.

“Pimpinan program studi dan fakultas harus siap berkoordinasi untuk membangun jejaring secara luas. Adaptasi sangat diperlukan di tengah perubahan yang sangat cepat seperti saat ini. Semoga Universitas Sumatera Utara dapat menjadi pemantik api semangat kemajuan masyarakat bangsa negara,” ungkapnya.

Sementara itu, Rektor USU Muryanto Amin mengatakan, perkembangan USU dari tahun ke tahun semakin baik. Dikatakannya, perkembangannya itu terlihat pencapaian-pencapaian yang diterima USU.

Penyampaian pidato dan laporan capaian serta prestasi USU oleh Dr. Muryanto Amin S.Sos M.Si selaku Rektor Universitas Sumatera utara dalam sidang terbuka Dies Natalis ke-69 USU. (Sumber Foto: Dokumentasi Pribadi)

“Perkembangan USU dari tahun ke tahun semakin baik, mulai dari pencapaian USU selama 2021 yang mampu meraih 15 kejuaraan di tingkat nasional dan internasional, ekspansi kerja sama dalam negeri dan luar negeri dengan fokus internasionalisasi USU, dan sampai bisa mendapat peringkat ke-17 Universitas Terbaik di Indonesia versi Times High Education (THE) World University Ranking (WUR) 2022,” ujar Rektor USU dalam pidatonya.

Selain itu, orasi ilmiah oleh Aman Bhakti Pulungan selaku Executive Director International Pediatric Association juga mewarnai berlangsungnya sidang terbuka ini. Orasi ilmiah yang disampaikan terkait upaya melawan pandemi Covid-19 di Indonesia, khususnya bagi anak-anak.

Pemberian penghargaan pun turut dilakukan dalam sidang terbuka ini. Penghargaan itu ditujukan untuk seluruh dosen USU yang telah gugur dalam memberikan pelayanan kesehatan bagi penderita Covid-19, juga kepada dosen, tenaga didik, dan mahasiswa yang berprestasi.

Peluncuran aplikasi Telemedicine juga diresmikan melalui sidang terbuka ini. Untuk diketahui, Telemedicine merupakan aplikasi terobosan USU yang berguna memberi pelayanan kesehatan berupa konsultasi dan pemantauan pasien isolasi mandiri penderita Covid-19.

(Redaktur Tulisan: Rassya Priyandira)

Leave a comment