Yoga Tri Haditya

Medan, Pijar. Salah satu kuliner yang naik daun selama lebaran dan memiliki tekstur kenyal serta biasanya dihidangkan untuk berbuka puasa pasti kolang-kaling. Kuliner ini berasal dari pohon aren. Olahan kolang-kaling yang manis ini sudah tidak asing lagi di lidah para penikmatnya. Namun bagaimana jika olahan yang biasanya memiliki cita rasa manis nan segar ini diolah menjadi makanan yang gurih, pedas, dan menggunakan bumbu rendang khas minang?

Rendang kolang-kaling sudah tidak asing lagi di Kota Majalengka, Jawa Barat. Jika biasanya rendang disajikan dengan olahan daging sapi dan juga daging ayam, kali ini rendang dapat disajikan dengan mengganti bahan tersebut menjadi kolang-kaling. Untuk itu, bagi Anda penganut vegan/vegetarian juga dapat menikmati rendang dengan bahan utama kolang-kaling ini.

Pada dasarnya, kolang-kaling ini memang memiliki cita rasa tawar dan tekstur yang kenyal sehingga dapat diolah menjadi kuliner dengan cita rasa manis dan juga gurih seperti rendang. Selain memiliki cita rasa yang sedap, rendang kolang-kaling ini juga memiliki berbagai macam manfaat karena mengandung sumber vitamin B dan K serta gelatin yang baik untuk persendian manusia juga nafsu makan.

Proses pembuatan rendang kolang-kaling ini juga tidak cukup sulit dan dapat dibuat sendiri di rumah. Bahan yang dibutuhkan juga tidak banyak. Dilansir dari mommyasia.id, bahan yang diperlukan untuk membuat kuliner ini ialah kolang-kaling, santan, dan minyak. Sedangkan untuk bahan bumbu rendangnya membutuhkan 8 siung bawang merah, 3 siung bawang putih, 15 cabe rawit merah, 3 cabe merah besar, 3 cm kunyit, 2 cm jahe, 2 cm laos, 1 sdt ketumbar, 5 butir kemiri, garam secukupnya serta daun salam sera serai secukupnya.

Untuk cara memasaknya, mula-mula rebus kolang-kaling hingga empuk lalu tiriskan. Kemudian haluskan bahan untuk membuat bumbu rendang. Setelah itu, panaskan wajan dan masukkan minyak secukupnya. Kemudian, tumis bumbu rendang yang telah dihaluskan hingga harum. Tambahkan juga serai dan daun salam. Jika sudah harum, masukkan santan kelapa yang telah disiapkan. Ketika sudah mendidih, masukkan kolang-kaling dan tunggu hingga bumbu menyurut serta meresap. Setelahnya, rendang kolang-kaling pun siap dihidangkan.

Rendang kolang-kaling dapat dinikmati selagi hangat dengan nasi panas dan taburan bawang goreng. Rasa kolang-kaling yang kenyal serta bumbu yang gurih dapat menemani makan siang ataupun makan malam sobat Pijar di rumah.

(Editor: Widya Tri Utami)

Leave a comment